SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

LOKASI PERPUSTAKAAN—Di lokasi ini rencananya akan dibangun perpustakaan untuk SD Negeri Ringinharjo, Kecamatan Gubug, Kabupaten Grobogan yang dibiayai Dana Alokasi Khusus (DAK) 2011. Namun hingga Senin (28/11/2011), belum dilaksanakan, diduga proyek tersebut dipindahkan secara diam-diam. (JIBI/SOLOPOS/Arif Fajar S)

Grobogan (Solopos.com)–Rencana pembangunan gedung perpustakaan SD Negeri Ringinharjo, Kecamatan Gubug, Grobogan yang dibiayai dengan Dana Alokasi Khusus (DAK) 2011, tiba-tiba menghilang. Diduga proyek senilai Rp 92 juta tersebut dialihkan secara diam-diam.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Pasalanya dari keterangan yang saya peroleh dari pihak SDN Ringinharjo dan Kepala UPTD Pendidikan Kecamatan Gubug, mereka sudah menerima surat resmi soal pembangunan gedung Perpustakaan tersebut,” terang anggota DPRD Grobogan dari PKS, Ahmad Suudi SSos, Senin (28/11/2011).

Bahkan, lanjut Suudi, Kepala UPTD Drs Abdul Haris mengatakan berdasarkan SK yang diterimanya sebagai pengawas pembangunan gedung perpustakaan dari DAK 2011, SD Negeri Ringinharjo tercantum sebagai SD penerima DAK perpustakaan yang harus diawasinya.

“Ini kan aneh, saya menduga ada permainan dari pihak Dinas Pendidikan, terutama yang mengurusi proyek DAK untuk pembangunan perpustakaan. Karena informasi yang saya terima, memang sudah dipindahkan ke sekolah lain,” tegas Suudi, anggota Komisi C DPRD Grobogan ini.

Menurut Suudi, pihaknya memang mendapat informasi bahwa SDN Ringinharjo mendapat proyek pembangunan perpustakaan didanai DAK 2011. Ketika dilakukan pengecekan di lokasi tersebut sama sekali tidak ada kegiatan pembangunan perpustakaan.

Padahal, tambah Suudi, jika sesuai jadwal maka jangka waktu pelaksanaan proyek DAK perpustakaan massa kerjanya 60 hari atau akan berakhir 6 Desember 2011.

“Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Grobogan hendaknya segera menelusuri dugaan pemindahan lokasi pembangunan gedung perpustakaan untuk SDN Ringinharjo tersebut. Karena pemindahan itu selain melanggar SK dikhawatirkan merupakan bagian permainan pihak-pihak tertentu untuk mencari keuntungan pribadi,” ungkap Suudi.

Terpisah Kepala Disdik Kabupaten Grobogan Sugiyanto SH ketika dikonfirmasi mengatakan, pihaknya akan segera mengecek hal tersebut.

“Jika memang benar dipindahkan, maka di tahun 2012 SDN Ringinharjo menjadi prioritas SD yang mendapat jatah pembangunan perpustakaan dari DAK,” pungkasnya.

(rif)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya