SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Solopos/Antara)

Solopos.com, BALIKPAPAN — Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan meresmikan dan melaksanakan ground breaking beberapa proyek di Kalimantan Timur. Proyek itu terdaftar dalam Master Plan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) pada Senin (15/9/2014).

“Saya tidak hapal detail proyeknya, tapi ada 10 proyek dan dua peletakan batu pertama yang akan diresmikan oleh presiden,” tutur Kepala Biro Hubungan Masyarakat Setprov Kaltim, S. Ahdiyat, kepada Bisnis/JIBI, Minggu (14/9/2014)

Promosi Tanggap Bencana Banjir, BRI Peduli Beri Bantuan bagi Warga Terdampak di Demak

Salah satunya adalah proyek yang dikembangkan dengan investasi senilai Rp1,8 triliun dari PT Angkasa Pura I, yaitu Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan, Balikpapan. Presiden juga akan meresmikan tiga bandar udara lain yang terletak di wilayah perbatasan, lanjut Achdiyat.

Ekspedisi Mudik 2024

“Ketiganya adalah Bandar Udara Long Bawan di Nunukan, Bandar Udara Long Apung di Malinau, dan Bandar Udara Data Dawai di Mahakam Ulu,” jelasnya.

Achdiyat mengatakan presiden juga akan meresmikan proyek lain yang berada di bawah koordinasi SKK Migas. Yaitu pembangunan pengeboran minyak offshore Sisi Nubi-Blok Mahakam, serta dua anjungan baru yang juga termasuk dalam proyek Sisi Nubi. “Proyek ini salah satunya bekerja sama dengan Total E & P Indonesie, dan keduanya ada dibawah SKK Migas,” jelas Achdiyat.

Selain itu akan diresmikan juga Proyek Mubadala Potreleum dengan nilai investasi senilai US$500 juta. Proyek itu adalah pembangunan Lapangan Ruby Pipa Gas yang dibangun untuk Pabrik Pupuk Kalimantan Timur V. Lapangan ini terletak di lepas pantai antara pulau Kalimantan dan Sulawesi.

Beberapa proyek pembangkit tenaga listrik guna memenuhi kebutuhan energi Kalimantan Timur juga akan diresmikan oleh presiden pada 15 September 2014. Yaitu proyek peningkatan PLTU Embalut, PLTG Senipah, dan PLTG Peaking yang berada di Kabupaten Kutai Kartanegara.

Selain proyek energi, migas, dan perhubungan, pembangunan sektor pendidikan pun termasuk dalam daftar proyek MP3EI di Kaltim. Kedua peresmian peletakan batu pertama yang akan dilakukan pada hari yang sama merupakan peresmian pembangunan dua institut di Kaltim. Keduanya adalah Institut Teknologi Kalimantan yang akan dibangun di Balikpapan, dan Institut Seni dan Budaya Indonesia yang akan dibangun di Tenggarong, Kutai Kartanegara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya