SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo saat berada di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat (JIBI/Solopos/Antara/Andika Wahyu)

Proyek kereta cepat Jakarta-Bandung menjadi lahan persaingan Jepang vs Tiongkok. Siapa pemenangnya?

Solopos.com, JAKARTA — Tim Menteri telah menyerahkan rekomendasikan pemenang proyek Kereta Supercepat Jakarta-Bandung. Namun, Presiden Joko Widodo (Jokowi) sendiri yang akan mengumumkan keputusannya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tim Menteri yang menyerahkan rekomendasi tersebut dipimpin oleh Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri PPN/Kepala Bappenas Sofyan Djalil, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, dan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Rizal Ramli.

Seusai bertemu Presiden Jokowi, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional Sofyan Djalil mengatakan rekomendasi telah diserahkan ke Presiden Jokowi. “Sudah, sudah. Nanti pak Menko yang sampaikan biar satu suara,” kata Sofyan di Kompleks Istana Kepresidenan, Kamis (3/9/2015).

Tak lama berselang, Menko Perekonomian Darmin Nasution mengungkapkan rekomendasi pemenang proyek kereta supercepat Jakarta-Bandung telah tuntaskan pada Rabu (2/9/2015) malam. “Tadi sudah kita laporkan rekomendasi kita. Kemudian presiden sudah sampaikan lebih kurang bagaimana. Tetapi beliau bilang, biar saya yang mengumumkan,” kata Darmin Nasution.

Darmin enggan mengungkapkan kapan presiden akan mengumumkan keputusan pemenang proyek strategis yang diperebutkan oleh konsorsium Jepang dan Tiongkok. “Saya enggak bisa jawab. Tapi Presiden yang akan menjelaskan,” ujarnya.

Berdasarkan tanggapan Presiden Jokowi, imbuh Darmin, keputusan yang diambil sama dengan rekomendasi yang disampaikan oleh Tim Menteri. “Sejauh yang disampaikan presiden tadi, itu sama dengan rekomendasi kita,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya