SOLOPOS.COM - Ilustrasi hati-hati di jalan. (Freepik)

Solopos.com, SUKOHARJO – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Sukoharjo memulai proyek pemeliharaan Jalan Raya Wonogiri -Klaten yang berlokasi di Kecamatan Tawangsari, Sukoharjo.

Proyek pemeliharaan jalan tersebut telah dimulai dua hari lalu, Selasa (2/8/2022), dengan target panjang 2,85 kilometer.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pejabat Penandatanganan Kontrak (PPK) Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Sukoharjo,  Suyadi, Kamis (4/8/2022), mengatakan proyek pembangunan jalan kabupaten itu menelan dana Rp4 milyar dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Sumber anggaran pemeliharaan jalan tersebut yakni dari dana alokasi khusus (DAK) pemerintah pusat.

Ekspedisi Mudik 2024

“Lebar jalan 4,5 meter karena hanya pemeliharaan bukan pelebaran jalan, untuk panjang sejauh 2,85 kilometer. Sudah dapat dua kilometer untuk lapisan antara yang bisa disebut pondasi,” kata Suyadi.

Baca juga: Jl Kyai Mojo Solo Diperbaiki, Warga Diimbau Mencari Jalur Alternatif

DUPR menargetkan pengaspalan jalan akan berlangsung kurang lebih satu pekan.

Namun, nantinya tergantung kondisi di lapangan. Kalau ada hal urgent yang mengharuskan memakai jalan tersebut, proyek akan diberhentikan.

Proses pengaspalan terdapat dua lapisan, yaitu lapisan setebal enam cm dan lapisan permukaan empat cm.

“Sudah ada pondasi dari jalan lama, kemudian kami beri lapisan antara bisa disebut juga pondasi setebal enam cm, kemudian diambil sampel dan diuji lab dulu, jika sudah sesuai baru pengaspalan lapisan atas empat cm,” lanjutnya.

Anggaran pelaksanaan pengaspalan dimulai dari 24 Juni 2022 sampai 21 September 2022 selama 90 hari.

Baca juga: Jalan Raya Purwantoro-Bulukerto Butuh Perbaikan

Dampak dari perbaikan jalan tersebut yakni penutupan Jalan Raya Wonogiri-Klaten yang berlokasi di Kecamatan Tawangsari, Sukoharjo. Penutupan juga sudah berlangsung sejak dua hari lalu.

Kepala Bidang (Kabid) Lalu Lintas Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo, Marjono, dalam sambungan telepon Kamis (4/7/2022) mengatakan tidak ada rekayasa jalur peralihan dari Dishub Sukoharjo.

Masyarakat yang berkepentingan melintasi jalur Klaten-Wonogiri bisa melalui jalur dalam.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya