SOLOPOS.COM - Pekerja meratakan pasir pada proyek perbaikan Jl. Kyai Mojo, Pasar Kliwon, Solo, Selasa (26/7/2022). (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO–Proyek peningkatan Jalan Kyai Mojo di wilayah Pasar Kliwon segera dilanjutkan pada akhir Desember. Saat ini, proyek di jalan tersebut mandek lantaran kontraktor pelaksana mengalami kesulitan keuangan atau finansial.

Sebelumnya, proyek peningkatan jalan Kyai Mojo dikerjakan oleh CV Karya Agung asal Aceh. Namun, kontraktor pelaksana proyek itu mengalami kesulitan keuangan atau finansial sehingga tak mampu membeli barang material bangunan dan melanjutkan pengerjaan proyek fisik.

Promosi Pegadaian Resmikan Masjid Al Hikmah Pekanbaru Wujud Kepedulian Tempat Ibadah

Pemerintah Kota (Pemkot) Solo akhirnya melakukan pemutusan kontrak terhadap kontraktor pelaksana proyek.

Ekspedisi Mudik 2024

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Solo, Nur Basuki, mengatakan pengerjaan lanjutan proyek peningkatan jalan Kyai Mojo melalui mekanisme kontrak baru.

“Kemarin putus kontrak karena kontraktor pelaksana tidak bisa melanjutkan pekerjaan. Nanti dilanjutkan pada 28 Desember untuk pengerjaan proyek lanjutan. Mekanismenya melalui kontrak baru,” kata dia, kepada wartawan, Minggu (4/12/2022).

Baca Juga: Pelat Baja Diganti Baru, Getaran di Jembatan Mojo Berkurang Drastis

Proyek fisik di ruas Jalan Kyai Mojo, yakni peningkatan jalan dan penataan jalur pedestrian di pinggir jalan tersebut. Proyek peningkatan jalan baru dikerjakan separuh oleh kontraktor lama. Sedangkan tugas kontraktor pelaksana yang baru merampungkan pekerjaan proyek peningkatkan jalan.

Untuk proyek perbaikan saluran drainase hanya di sekitar simpang empat Baturono. “Proyek pengerjaan saluran drainase sudah dilakukan pada beberapa waktu lalu. Sekarang memang ada pekerjaan perbaikan saluran drainase di ujung jalan [simpang empat Baturono],” ujar dia.

Lebih jauh, Nur Basuki menyampaikan pengerjaan peningkatan Jalan Kyai Mojo guna menyokong penataan fisik di wilayah Pasar Kliwon.

Baca Juga: Kontraktor Tegaskan Proyek Peningkatan Jl Juanda Jebres Solo Tidak Mandek

Terlebih, pekerjaan perbaikan Jembatan Mojo yang menghubungkan wilayah Solo-Mojolaban, Sukoharjo telah rampung. Jembatan kembali dibuka dan bisa dilewati para pengguna jalan.

DPUPR Solo telah mengevaluasi progres pekerjaan proyek fisik di sejumlah lokasi. “Untuk proyek fisik di Jalan Juanda tetap berjalan. Tidak ada masalah. Kami menekankan harus on time atau rampung tepat waktu,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya