SOLOPOS.COM - Pekerja beraktivitas di proyek pembangunan GOR Manahan, Solo, Senin (22/8/2022). Proyek itu dilanjutkan kembali setelah sempat mangkrak pada tahun lalu. (Solopos/Nicolous Irawan)

Solopos.com, SOLO — Proyek pembangunan GOR Indoor Manahan Solo yang sempat terhenti tahun lalu akhirnya dilanjutkan kembali pada 2022 dengan alokasi anggaran sekitar Rp9,8 miliar. Anggaran sebanyak itu berasal dari APBD Provinsi Jawa Tengah (Jateng) dan APBD Solo 2022.

Penjelasan tersebut disampaikan Pejabat Pembuat Komitmen Proyek GOR Indoor Manahan, Eko Kristiawan, saat diwawancarai Solopos.com, Senin (19/9/2022). “Anggaran yang dikerjakan sekarang sekitar Rp9,8 miliar. Sumbernya dari sisa Bankeu Provinsi Jateng tahun 2021 dan APBD Solo 2022. Anggaran yang tahun kemarin belum selesai ditambah APBD Solo tahun ini untuk garap atap,” ujarnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Eko menjelaskan di luar pekerjaan tahun ini, anggaran untuk penyelesaian proyek GOR Indoor Manahan masih kurang banyak. Sebab masih banyak pekerjaan atau fasilitas pendukung GOR Indoor Manahan belum dikerjakan.

“Masih kurang banyak. Belum selesai itu. Karena sekarang baru garap atap membran. Pekerjaannya masih banyak yang belum dikerjakan. Baru struktur atap dan fondasi yang tahun kemarin. Fasilitas pendukung lainnya belum,” katanya.

Berdasarkan catatan Eko, kekurangan anggaran untuk penyelesaian proyek GOR Indoor Manahan Solo lebih kurang Rp67 miliar. Menurutnya, penyelesaian proyek tersebut masih akan berlangsung beberapa tahun lagi. Apalagi bila tidak ada alokasi anggaran dari pemerintah pusat.

Baca Juga: GOR Manahan Solo Dibangun Mirip Kubah, Pemprov Jateng Kucurkan Dana

Melobi Kementerian Olahraga

“Masih lama itu pengerjaannya. Jadi kalau mengharapkan dari APBD Solo ya pelan-pelan. Karena APBD kan terbatas. Kalau bisa dapat dari APBN bisa lebih cepat,” tuturnya.

Terpisah, Ketua Komisi IV DPRD Solo, Janjang Sumaryono Aji, mengaku sudah mengecek langsung pengerjaan atap GOR Indoor Manahan beberapa hari lalu. Menurut dia pengerjaan proyek fokus pada pemasangan atap GOR.

“Ini baru dianggarkan untuk yang penutup atap, bahannya dari apa saya lupa. Tapi yang jelas bahannya lebih bagus. Itu harus segera ditutup karena kaitannya dengan panas-hujan, agar konstruksi besinya bisa terlindungi,” katanya.

Baca Juga: Proyek GOR Manahan Solo Dilelang Lagi, Tapi Tahun Depan

Politikus PDIP itu mengakui kekurangan anggaran untuk penyelesaian GOR Indoor Manahan masih cukup banyak. Sehingga sangat diharapkan ada tambahan APBD Jateng maupun pemerintah pusat untuk membantu penyelesaiannya.

“Masih butuh pagar, finishing. Kemarin dihitung total masih kurang banyak. Kemarin Pak Wali sudah ke Kementerian Olahraga kayaknya disanggupi mau bangun GOR Indoor Manahan. Mudah-mudahan jadi,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya