top ear
Ilustrasi Infrastruktur (Solopos/Whisnupaksa Kridhangkara)
  • SOLOPOS.COM
    Ilustrasi Infrastruktur (Solopos/Whisnupaksa Kridhangkara)

Proyek Fisik Dinas PUPR Solo Tetap Jalan Meski Status KLB Corona Diperpanjang

Dinas PUPR Solo memastikan proyek fisik terus berjalan kendati status kejadian luar biasa (KLB) Covid-19 diperpanjang. Lima proyek selesai dilelang.
Diterbitkan Sabtu, 4/04/2020 - 06:00 WIB
oleh Solopos.com/Mariyana Ricky P.D
2 menit baca

Solopos.com, SOLO — Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang atau PUPR Solo memastikan proyek fisik terus berjalan kendati status kejadian luar biasa (KLB) Covid-19 diperpanjang.

Hingga pekan pertama April, Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) telah mengumumkan pemenang lima proyek fisik. Kelima proyek tersebut sedang memasuki masa persiapan sebelum memulai pengerjaan.

Sekretaris Dinas PUPR Kota Solo, Arif Nurhadi, mengatakan kelima proyek itu meliputi penataan koridor Jl. Juanda, peningkatan Jl. Yos Sudarso dan Jl. Jaya Wijaya, underpass Jl. Transito, dan pembangunan lanjutan jembatan Blag Bligan.

Arif akan meminta pelaksana menerapkan protokol pencegahan persebaran Covid-19 saat PCM (Pre-Construction Meeting).

Hotel Berbintang di Solo Tutup Sementara Akibat Covid-19, Salah Satunya Alila

“Pekerjanya jamak dari luar kota, kami akan meminta pelaksana menjalankan protokol kesehatan tersebut. Seperti mengecek suhu tubuh, menyediakan tempat cuci tangan, sabun, dan masker, kalau bisa,” kata dia saat dihubungi Solopos.com, Kamis (2/4/2020).

Dinas PUPR Solo juga bakal meminta pelaksana proyek fisik tersebut untuk melakukan screening pekerja sebelum pekerjaan dimulai dan sesudahnya. Apabila pekerja itu diketahui memiliki gejala yang mengarah ke Covid-19 harus segera dibawa ke fasilitas kesehatan tanpa perlu pulang lebih dahulu.

Optimistis Selesai Tepat Waktu

Hal ini untuk menekan persebaran penyakit yang menyerang paru-paru tersebut. Kendati proyek fisik terus berjalan, Arif mengakui penetapan pembatasan fisik secara nasional berpengaruh terhadap pasokan material.

Bupati Sragen Kepada Perantau: Jangan Mudik Dulu Kalau Masih Sayang Keluarga!

“Toko bangunan tutup, pekerja dari luar kota itu tidak bisa bergerak leluasa. Suplainya terganggu. Meski di Solo tidak masalah, tapi suplai yang dari daerah lain bisa jadi terkendala,” jelas Arif.

Kendati begitu, Dinas PUPR Solo optimistis seluruh proyek fisik mereka bakal selesai tepat waktu. Jadwal pembangunan telah dibikin seleluasa mungkin sehingga ia berharap pelaksana bisa mengerjakan proyek memanfaatkan momentum itu.

“Pekerjaan kami ada beberapa yang ditunda karena dananya dialihkan untuk penanganan Covid-19, sehingga saya kira pelaksana tidak berebut waktu,” ucapnya.

Warga Sumpingan Solo Pasang Spanduk Waspada Corona, Agen Bank Plecit Dilarang Masuk

Kepala Dinas PUPR Kota Solo, Endah Sitaresmi Suryandari, membenarkan adanya lima proyek fisik yang segera dikerjakan meski ada pandemi corona.

“Ada lima proyek yang sudah tanda tangan kontrak. Semua berjalan sesuai jadwal, tidak ada masalah,” kata dia, melalui layanan perpesanan Whatsapp, Kamis.

Editor : Profile Suharsih
LIKE di sini untuk lebih banyak informasi terbaru di Solopos.com

Properti Solo & Jogja


berita terkait