SOLOPOS.COM - Prototipe motor listrik rancangan Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil ditampilkan di arena pameran West Java Investment Summit 2022 di Kota Bandung. (ANTARA/HO-Humas Pemda Jabar)

Solopos.com, BANDUNG — Prototipe motor listrik rancangan Gubernur Jawa Barat, M. Ridwan Kamil, ditampilkan di arena pameran West Java Investment Summit 2022 di Kota Bandung, Kamis (6/10/2022).

Gubernur Ridwan Kamil sengaja merancang motor jenis Bobber ini untuk sebuah merek motor listrik.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Motor ini dinamakan RKG 5000. Kependekan dari Ridwan Kamil Gesit 5000,” kata Atep Supriadi, teknisi dan pelaksana rancang bangun motor Bobber RKG 5000 di arena pameran WJIS 2022.

Atep menjelaskan motor tersebut baru berupa prototipe satu unit. Tetapi, katanya, motor itu sudah menjalani uji coba di jalan.

Ekspedisi Mudik 2024

“Ini prototipe. Jadi baru ada satu. Tapi motor ini sudah bisa jalan. Jika masyarakat banyak yang berminat, nantinya bisa diproduksi massal atau dimanufaktur,” ujarnya.

Baca Juga : Animo Investor Besar, Kemenperin Kejar Target Produksi 2 Juta Motor Listrik

Dibandingkan dengan motor sejenis berbahan bahan bakar bensin, menurut Atep, bobot motor listrik RKG 5000 lebih ringan karena tak ada mesin.

“Karena tidak ada mesin maka motor ini total berbobot 150 kilogram. Cukup nyaman dan mudah dikendarai,” ungkapnya.

Motor bikinan Ridwan Kamil itu menggunakan listrik berdaya 450 VA. Baterai motor listrik RKG 5000 ini sudah bisa diisi penuh.

“Motor ini bisa di-charge [isi daya listrik] di rumah dengan daya terendah sekalipun yaitu 450 VA. Tentu bisa juga di SPKLU [Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum]. Lama pengisian hingga penuh antara tiga sampai empat jam,” jelas Atep.

Menurut Atep, yang lebih membanggakan, selain motor ini khusus dirancang Gubernur Ridwan Kamil, RKG 5000 juga merupakan karya anak bangsa dari sisi rancang bangun.

Baca Juga : Menhub: Motor Listrik Bisa Rp16 Juta per Unit, Warga Tertarik

WJIS 2022 digelar Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jabar bersama Pemrov Jabar guna menarik investasi dalam dan luar negeri.

WJIS keempat ini fokus pada isu ketahanan pangan serta energi baru dan terbarukan. Salah satunya pengembangan teknologi kendaraan listrik.

WJIS 2022 berlangsung 5-6 Oktober 2022 di Trans Luxury Hotel di Jalan Gatot Subroto, Kota Bandung dengan tema Green Investment: Food Security and Renewable Energy-Securing The New Future.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya