Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Prosesi Pemindahan Makam Pendiri IKSPI Kera Sakti dari Madiun ke Caruban

Alasan yang mendasari pemindahan itu karena makam lama tidak representatif dan kurang layak.
SHARE

Solopos.com, MADIUN — Makam jenazah pendiri sekaligus guru besar Ikatan Keluarga Silat Putra Indonesia (IKSPI) Kera Sakti, R. Totong Kiemdarto, dipindah. Sebelumnya, makam tersebut berada di makam Sobrah Jalan Kutilang, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun. Makam itu kemudian dipindah ke Padepokan IKSPI Kera Sakti di Caruban, tepatnya di Desa Buduran, Kecamatan Wonoasri, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

Baca Juga: Rumah Totong Kiemdarto di Kota Madiun Diusulkan Jadi Museum IKSPI Kera Sakti

PromosiPromo Menarik, Nginep di Loa Living Solo Baru Bisa Nonton Netflix Sepuasmu!

Pelaksanaan pemindahan makam tersebut dilaksanakan pada Rabu (19/10/2022) siang dari kediaman keluarga Totong Kiemdarto di Jl. Merpati. Terlihat ratusan anggota perguruan silat Kera Sakti mengikuti prosesi tersebut.

Jenazah almarhum yang ada di makam Sobrah diangkat kemudian dimasukkan ke dalam peti. Selanjutnya, jenazah disemayamkan di rumah keluarga Totong Kiemdarto yang lokasinya tidak jauh dari makam Sobrah. Kemudian jenazah dimasukkan ke dalam mobil yang telah disiapkan dan diikuti rombongan menuju ke Padepokan IKSPI Kera Sakti di Caruban.

Ketua Umum IKSPI Kera Sakti, Bambang Sunarja, mengatakan pemindahan makam pendiri sekaligus guru besar IKSPI Kera Sakti ini berdasarkan permintaan dari anggota perguruan silat.

Baca Juga: Profil Perguruan Silat Kera Sakti, Berikut Ini Metode Latihannya

Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak

Alasan yang mendasari pemindahan itu karena makam lama tidak representatif dan kurang layak. Karena berada di makam umum, para peziarah yang datang kesulitan untuk mendapatkan tempat parkir. Akhirnya muncul ide untuk memindah makam guru besar IKSPI Kera Sakti itu.

Kompleks Padepokan IKSPI Kera Sakti di Caruban dipilih sebagai tempat permakaman yang baru karena dianggap representatif dan lebih layak dibandingkan tempat sebelumnya. R. Totong Kiemdarto,dimakamkan di Makam Sobrah sejak 25 Desember 1997, yang artinya sudah hampir 25 tahun berada di makam tersebut.

Kilas Balik 2022 - Emagz Solopos


Info Digital Tekno
Indeks
Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Info Perbankan
Indeks
Interaktif Solopos
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak
      Emagz Solopos
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Interaktif Solopos
      Kuis Solopos - Seru-seruan Asah Otak
      Solopos Stories
      Part of Solopos.com
      ISSN BRIN
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode