Program Tanggung Jawab Sosial, PT KAI Beri Santunan kepada Porter
Solopos.com|bisnis

Program Tanggung Jawab Sosial, PT KAI Beri Santunan kepada Porter

PT Kereta Api Indonesia (KAI) memberikan santunan senilai Rp328,25 juta kepada porter stasiun di berbagai wilayah kerja KAI.

Solopos.com, SOLO—PT Kereta Api Indonesia (KAI) memberikan santunan senilai Rp328,25 juta kepada porter stasiun di berbagai wilayah kerja KAI pada Senin (3/5/2021).

Bantuan tersebut dilakukan dalam rangka pelaksanaan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) sembako gratis Ramadan 2021. Di wilayah Daerah Operasi (Daops) VI Yogyakarta ada 210 paket dengan nilai Rp52,25 juta.

Ini terbagi pada 8 stasiun, yakni Yogyakarta, Lempuyangan, Solo Balapan, Klaten, Solo Jebres, Purwosari, Sragen, dan Wates.

Baca Juga: SG Berbagi di Bulan Ramadhan, UPZ Semen Gresik Salurkan Puluhan Juta Zakat Karyawan

Santunan yang diberikan berupa paket sembako gratis senilai Rp250.000 per paket untuk 1.313 porter di berbagai stasiun kereta api. Adapun setiap paket terdiri dari beras, gula, minyak goreng, mie instan, sarden, dan sirup.

Pembagaian paket sembako dilakukan serentak di 12 wilayah kerja KAI, yakni Daops I Jakarta, Daops II Bandung, Daops III Cirebon, Daops IV Semarang, Daops V Purwokerto, Daops VI Yogyakarta, Daops VII Madiun, Daop VIII Surabaya, Daops IX Jember, Divre I Sumatera Utara, Divre III Palembang, dan Divre IV Tanjung Karang.

“Bantuan ini merupakan bentuk perhatian kami kepada porter stasiun yang selama ini telah membantu pelayanan kepada pelanggan KAI di stasiun,” kata Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo, yang secara simbolis menyerahkan bantuan tersebut di Stasiun Gambir, Senin (3/5/2021).

Baca Juga: Mendekati Lebaran, Jumlah Penumpang di Bandara YIA Naik 58 Persen

Mitra KAI

Kepala Stasiun Purwosari, Wagiman, menyerahkan bantuan kepada porter, Senin (3/5/2021).(Istimewa/PT KAI)
Kepala Stasiun Purwosari, Wagiman, menyerahkan bantuan kepada porter, Senin (3/5/2021).(Istimewa/PT KAI)

Didiek mengatakan pandemi Covid-19 menyebabkan penurunan volume pelanggan kereta api. Dampak pandemi tersebut juga turut dirasakan oleh para porter di stasiun yang selama ini bergantung kepada para pelanggan yang menggunakan jasanya.

Menurutnya, porter di stasiun merupakan mitra KAI yang bertugas membantu mengangkat barang-barang bawaan pelanggan di saat keberangkatan atau kedatangan kereta api. Tidak jarang porter juga membantu pelanggan KAI terkait info perjalanan dan fasilitas yang ada di wilayah stasiun tersebut.

Di sisi lain, kegiatan pembagian sembako ini merupakan program rutin CSR KAI yang dilaksanakan setiap bulan suci Ramadan dalam rangka membantu pihak-pihak yang membutuhkan bantuan.

Baca Juga: KB Bukopin, Konsisten Lanjutkan Transformasi di New Normal

“Semoga dengan adanya bantuan yang kami berikan ini dapat bermanfaat dan membantu untuk mencukupi kebutuhan pokok para porter di tengah situasi pandemi Covid-19,” imbuh Didiek.

Sementara itu, Manajer Humas PT KAI Daops VI Yogyakarta, Supriyanto, menambahkan di wilayahnya ada sebanyak 210 paket dengan nilai Rp52,25 juta.

“Ini terbagi pada 8 stasiun, yakni Yogyakarta, Lempuyangan, Solo Balapan, Klaten, Solo Jebres, Purwosari, Sragen, dan Wates,” jelas dia.



Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler

Espos Premium
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago