SOLOPOS.COM - Ilustrasi Lomba Kompetensi Siswa (LKS) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). (JIBI/Solopos/Antara/Andika Betha)

Program keahlian ganda yang diluncurkan Kemendikbud menuntut guru SMK mampu mengajarkan materi di luar keahliannya.

Solopos.com, SOLO—Sebanyak 49 guru dari berbagai SMK se-Soloraya dan Daerah Istimewa Yogykarta (DIY) mengikuti In Service Training II keahlian ganda bidang teknik, komputer, dan jaringan (TKJ).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kegiatan yang digelar Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bidang Kelautan Perikanan Teknologi Informasi dan Komunikasi (LP3TK- KPTK) di Gowa Sulawesi Selatan ini berlangsung di SMKN 2 Solo Jl. Adisucipto Solo.

LP3TK-KPTK Gowa adalah Unit Pelaksana Teknis (UPT) di bawah Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. “Kegiatan In Service Training II keahlian ganda TKJ berlangsung selama satu bulan yaitu Kamis [14/9] sampai 19 Oktober,” kata Operator Pelaksana In Service II Keahlian Ganda TKJ SMKN 2 Solo, Wakid kepada Solopos.com di ruang kerjanya, Selasa (19/9/2017).

Ada 49 guru dari berbagai SMK negeri dan SMK swasta yang mengikuti pelatihan. Selama satu bulan para guru SMK dari berbagai jurusan seperti Fisika, Kimia, Matematika, dan Akuntansi, mengikuti program keahlian ganda bidang TKJ.

“Para peserta mendapatkan materi tentang instalasi operation system, linux, membuat program linux, mikrotik, dan access point. Selama mengikuti program para guru mendapatkan uang transportasi dan makan,” jelas Wakid.

Tujuan program keahlian ganda adalah memberikan bekal keterampilan mengajar untuk guru SMK di luar jurusan keahlian yang telah mereka punya saat ini agar bisa mengajar jurusan lain. Guru SMK yang selama ini hanya mengajar Matematika atau Fisika setelah lulus program keahalian ganda TKJ bisa mengajar TKJ di SMK lain.

“Training keahlian ganda untuk mengisi kekurangan guru SMK. Mereka juga bisa memenuhi kewajiban 24 jam mengajar di kelas per pekan guna mendapatkan tunjangan sertifikasi guru,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya