SOLOPOS.COM - Situs resmi program Kartu Prakerja hanya di prakerja.go.id. (Prakerja.go.id)

Solopos.com, JAKARTA–Program Kartu Prakerja gelombang 30 resmi dibuka, Sabtu (21/5/2022).

Informasi tersebut dibagikan langsung melalui akun Instagram resminya@prakerja.go.id.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Yuk kita lanjutin ke Gelombang 30! Sekaligus reminder untuk sobat-sobat yang belum menyelesaikan proses pendaftaran, silahkan melanjutkan proses sebagaimana mestinya sehingga ketika pembukaan gelombang dilakukan, bisa langsung Klik ‘Gabung Gelombang’. Semoga jadi berkah ya kali ini! Share juga ke FB dan IG Story kalian masing-masing supaya lebih banyak lagi sobat yang bergabung kali ini! #SiapDariSekarang” tulis mereka, dikutip Senin (23/5/2022).

Berikut tips Lolos Program Kartu Prakerja Gelombang 30:

1. Lengkapi semua syarat yang diminta

Sebagai informasi, program Kartu Prakerja terbuka bagi semua Warga Negara Indonesia (WNI) berusia minimal 18 tahun dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal.

Namun, bagi calon peserta yang sedang menyandang status sebagai pejabat negara, pimpinan dan anggota DPRD, Aparatur Sipil Negara (ASN), prajurit TNI, anggota Polri, kepala desa dan perangkat desa, direksi, komisaris, dewan pengawas BUMN atau BUMD, tidak diperkenankan mengikuti program ini.

Syarat lain yang harus dipenuhi yaitu calon peserta tidak terdaftar sebagai penerima bantuan dari pemerintah, misalnya Bantuan Sosial Kementerian Sosial (DTKS), penerima Bantuan Subsidi Upah (BSU), Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM) atau penerima Kartu Prakerja gelombang sebelumnya.

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah dalam satu Kartu Keluarga (KK), hanya dibatasi dua anggota keluarga yang dapat menjadi peserta Kartu Prakerja.

2. Pastikan e-mail dan nomor handphone yang digunakan untuk mendaftar masih aktif

E-mail dan nomor handphone yang digunakan untuk mendaftar program harus aktif, lantaran verifikasi akun dan setiap informasi akan disampaikan melalui e-mail dan SMS.

3. Data yang dimasukkan saat mendaftar harus sesuai dengan data Dukcapil

Pastikan data yang dimasukkan ketika mendaftar sesuai dengan data Dukcapil.
Jika data tidak sesuai, calon peserta dapat menghubungi Dukcapil melalui telepon 1500537, Whatsapp/SMS 08118005373, e-mail ke callcenter@dukcapil.kemendagri.go.id atau kunjungi kantor Dukcapil terdekat untuk melakukan pengecekan lebih lanjut.

4. Unggah foto KTP dengan jelas

Perlu diperhatikan saat akan mengunggah foto KTP, pastikan calon peserta menggunakan kamera handphone, bukan mengambilnya dari galeri.

Apabila calon peserta melakukan pendaftaran melalui komputer, maka lanjutkan pendaftaran melalui browser handphone calon peserta.

5. Pastikan wajah terlihat jelas saat verifikasi foto wajah

Tahap verifikasi foto wajah menjadi salah satu tahap yang paling banyak dikeluhkan calon peserta lantaran calon peserta banyak yang gagal saat melakukan tahap tersebut.

Agar sukses melalui tahap ini, ambil swafoto atau selfie dengan kamera handphone.

Wajah calon peserta harus terlihat jelas dengan pencahayaan yang cukup.

Jangan menggunakan aksesoris seperti topi, kacamata, masker, KTP dan lainnya.

Izinkan situs perambah untuk mengetahui lokasi Anda.

Selamat mencoba, semoga lolos Kartu Prakerja gelombang 30!

Berita telah tayang di Bisnis.com berjudul Gelombang 30 Sudah Dibuka, Simak Cara Lolos Program Kartu Prakerja



 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya