SOLOPOS.COM - Gapura perbatasan Wonogiri-Sukoharjo. (Youtube)

Solopos.com, WONOGIRI — Kabupaten Wonogiri termasuk salah satu wilayah terluas di Jawa Tengah. Meski demikian, Wonogiri juga termasuk dalam daftar daerah tersepi.

Luas wilayahnya sekitar 1.793,67 km yang terbagi dalam 25 kecamatan, 43 kelurahan, dan 251 desa. Dengan luas wilayah ini, Wonogiri termasuk dalam daftar wilayah terluas nomor lima di Jawa Tengah.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Diberitakan sebelumnya, asal usul Kabupaten Wonogiri tidak lepas dari perjuangan Raden Mas Said alias Pangeran Sambernyawa yang kemudian mendapat gelar sebagai Mangkunagoro I. Wilayah ini awalnya merupakan basis perjuangan Raden Mas Said dalam menentang penjajahan Belanda.

Baca juga: Dusun Nglaroh Selogiri, Pusat Pemerintahan Wonogiri yang Pertama?

Sejarah berdirinya kabupaten tersepi di Jawa Tengah ini dimulai dengan embrio kerajaan kecil di Nglaroh, Desa Pule, Kecamatan Selogiri. Wilaya tersebut didatangi Raden Mas Said untuk menyusun strategi melawan ketidakadilan. Strategi itu ditulis pada batu khusus yang kini dikenal dengan nama Watu Gilang.

Bersama dengan pengikut setianya, dibentuklah pasukan inti kemudian berkembang menjadi perwira-perwira perang yang mumpuni dengan sebutan Punggowo Baku Kawandoso Joyo.

Dukungan dari rakyat Nglaroh kepada perjuangan Raden Mas Said juga sangat tinggi yang disesepuhi oleh Kyai Wiradiwangsa yang diangkat sebagai Patih. Dari situlah awal mula suatu bentuk pemerintahan yang nantinya menjadi cikal bakal Kabupaten Wonogiri.

Baca juga: Asal Usul Wonogiri, Cikal-Bakal Mangkunegaran?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya