SOLOPOS.COM - Ustaz Abdul Somad. (Instagram-@ustadzabdulsomad_official)

Solopos.com, SOLO — Di bawah ini terdapat profil atau biodata Ustaz Abdul Somad (UAS), ulama yang diisukan ditangkap Densus 88 Antiteror.

Isu tersebut beredar melalui pesan berantai beberapa waktu lalu. Pesan tersebut dinilai meresahkan dan menyesatkan masyarakat.

Promosi Kisah Inspiratif Ibru, Desa BRILian Paling Inovatif dan Digitalisasi Terbaik

Kabar mengenai UAS ditangkap Densus 88 langsung ditanggapi Polri. Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri, Brigjen Polisi Rusdi Hartono, memastikan bahwa informasi ihwal penangkapan Ustaz Abdul Somad oleh Tim Densus 88 Antiteror adalah hoaks.“Hoaks, tidak benar berita itu,” tutur Rusdi,” diberitakan Bisnis.com, Sabtu (11/12/2021).

Baca Juga:  Mbah Dipo Telah Tiada, Siapa Pengganti Juru Kunci Gunung Semeru?

Ekspedisi Mudik 2024

Terkait pemberitaan tersebut, banyak yang penasaran mengenai profil atau biodata dari Ustaz Abdul Somad.

Berikut ini profil singkatnya, yang Solopos.com dikutip dari berbagai sumber.

Baca Juga:  Spesifikasi dan Harga Ferrari Roma yang Baru Dibeli Deddy Corbuzier

Profil Ustaz Abdul Somad

1. Berdarah Melayu dan Batak

Profil pertama dari Ustaz Abdul Somad, ulama yang diisukan ditangkap Densus 88 ini mengulas tentang keluarganya.

Pria yang memiliki nama asli Abdul Somad Batubara ini lahir di Asahan, Sumatra Utara pada 18 Mei 1977.

Dikutip dari Suara.com, dia merupakan keturunan Batak dan Melayu. ayahnya memiliki darah Batak sedangkan sang ibu Melayu.

Baca Juga:  Ucapan Selamat Hari Ibu, Kata-katanya Bisa Menyentuh Hati

2. Bergelar Datuk Seri Ulama Setia Negara

Profil kedua dari Ustaz Abdul Somad, ulama yang diisukan ditangkap Densus 88 ini mengungkap gelar yang ia peroleh.

Selain gelar yang ia dapatkan dari pendidikan formal dari S1 hingga s3, Ustaz Abdul Somad juga mempunyai gelar Datuk Seri Ulama Setia Negara yang diberikan Lembaga Adat Melayu (LAM) pada 2018 silam.

Dilansir Inews.id, Ustaz Abdul Somad dinilai tak hanya menyiarkan agama Islam namun ia juga memperkenalkan budaya Melayu khususnya Melayu Riau kepada masyarakat luas sehingga dia mendapatkan gelar tersebut.

Baca Juga:  Misteri Peri Cantik Penggoda di TPU Bonoloyo Solo, Pernah Diisengin?

3. Pendidikan UAS

Profil kedua dari Ustaz Abdul Somad, ulama yang diisukan ditangkap Densus 88 ini menginformasikan tentang pendidikan yang ia tempuh.

Dari SD hingga Mts ia tempuh di Medan, yakni SD Al-Washliyah Medan dan MTs Mu’allimin Al-Washliyah Medan. Kemudian, dia melanjutkan pesantrend di Darularafah Deli Serdan lalu ke MA Nurul Falah Indragiri Hulu.

Selanjutnya, UAS melanjutkan pendidikan tinggi di luar negeri, S1 di Universitas Al-Azhar Mesir, S2 di Institut Darul-Hadits Al-Hassaniyah Rabat Maroko dan S3 di Universitas Islam Omdurman Sudan.

Baca Juga:  Kampung Belanda Solo: Dulu Ada 150 Bangunan Kuno, Kini Hanya Separonya

4. Seorang Dosen

Profil keempat dari Ustaz Abdul Somad, ulama yang diisukan ditangkap Densus 88 ini membeberkan tentang pekerjaannnya sebagai dosen.

Sejak tahun 2009, Ustaz Abdul Somad bertugas sebagai dosen Bahasa Arab di Pusat Bahasa Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau. Selain itu, UAS juga seorang dosen Tafsir Hadis di Fakultas Ushuluddin UIN Suska Riau dan dosen Agama Islam di Sekolah Tinggi Agama Islam Al-Azhar Yayasan Masmur Pekanbaru.

Baca Juga: Ide Kado untuk Hari Ibu: Murah, Sederhana Tapi Mengesankan

5. Pernah Jadi Anggota MUI

Profil kelima dari Ustaz Abdul Somad, ulama yang diisukan ditangkap Densus 88 ini tentang keterlibatannya dalam organisasi Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Ia pernah menjadi anggota MUI Riau di Komisi dan Keorganisasian pada 2009-2014. Selain itu, dia juga menjadi anggota Badan Amil Zakat Riau di periode yang sama.



Bahkan, dia juga pernah menjadi Sekretaris Lembaga Bahtsul Masa’il Nahdlatul Ulama Riau (2009-2014).

Baca Juga:  Bagaimana Cara Mengatasi Nyeri Lutut, Dipijat?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya