SOLOPOS.COM - Kondisi terakhir PT Suwastama di Jl. Slamet Riyadi 280, Gumpang, Kartasura, Sukoharjo, usai di lalap si jago merah, Senin (25/7/2022). (Solopos.com/Magdalena Naviriana Putri).

Solopos.com, SUKOHARJO – PT Suwastama Tumbuh Emas Sejahtera atau PT Suwastama di Gumpang, Kartasura, Sukoharjo, yang bergerak di bidang layanan manufaktur dan ekspor mengalami kebakaran, Senin (25/7/2022).

Akibat kejadian itu, kerugian PT Suwastama ditaksir mencapai Rp1 miliar. Informasi awal disebutkan kerugian hanya lebih dari Rp100 juta.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Total ada delapan pemadam kebakaran (damkar) yang diterjunkan dalam pemadaman. Di antaranya Kabupaten Sukoharjo dan Kota Solo mengirimkan dua unit, selanjutnya Boyolali, Wonogiri, Sragen, Karanganyar masing-masing mengirimkan satu unit.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com, PT Suwastama didirikan 1997 di Colomadu, Karanganyar oleh Hardono.

Pada 1998 perusahaan melakukan ekspansi dengan membuka pabrik baru di Jl. Slamet Riyadi 280 Gumpang, Kartasura sebagai kantor, gudang, proses rangka, proses finishing, dan proses stuffing.

Baca juga: Bukan Rp100 Juta, Kerugian Kebakaran PT Suwastama Kartasura Capai Rp1 M

Pada 2007, perusahaan membangun unit produksi serat alam dengan usaha pokok handycraft sebagai kantor, gudang, proses produksi dan proses stuffing untuk produk serat alam.

Usai 2007 perusahaan membagi unit produksi menjadi dua. Pertama yakni unit Produksi Rotan yang beralamat di Jl. Slamet Riyadi 280, Gumpang, Kartasura. Kedua, unit Produksi Serat alam beralamat di Jl. Adi Sucipto 84, Jajar, Laweyan.

Penawaran produk PT Suwastama mencakup hampir semua perabotan rumah tangga. PT Suwastama mencoba memenuhi ceruk pasar dan mengikuti tren terbaru di industri rotan dan serat alam.

PT Suwastama bergerak dalam layanan manufaktur dan ekspor, bertindak sebagai produsen dan eksportir antara pengguna akhir dan pengecer, pengecer dan importir.

PT Suwastama terlibat dalam setiap tahap atas kebutuhan klien akan bahan baku, teknik produksi, penyelesaian akhir, pengemasan dan penyelesaian yang menawarkan dukungan fungsional dan teknis yang berkelanjutan.

Baca juga: Kebakaran PT Suwastama Kartasura, Hajatan Warga Gumpang Sempat Bubar

Beberapa tahun terakhir manajemen perusahaan mengungkapkan kapasitas produksi yang ada belum menjamin pengelolaan yang maksimal.

Jangkauan penjualan PT Suwastama cukup luas. Pelanggan berasal dari seluruh AS, Eropa, Australia, Timur Tengah, dan Asia. PT Suwastama secara eksklusif mewakili pasar dunia untuk grosir dan pengecer furnitur asing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya