SOLOPOS.COM - Marcell Januar berseragam Timnas Indonesia. (Instagram/Marcell Januar)

Solopos.com, SOLO – Persis Solo menjadi tim kedua penyumbang pemain terbanyak di Timnas U-20 Indonesia. Terdapat empat pemain asal Persis Solo di Timnas asuhan pelatih Shin Tae-yong tersebut.

Mereka adalah Erlangga Setyo, Marcell Januar, Aulia Ramadhan, dan Zanadin Fariz. Marcell Januar merupakan pemain belakang kepercayaan coach Rasiman selama berseragam Persis Solo Youth.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Di tangan coach Rasiman, Marcell Januar menjadi bek tangguh sehingga mendapat kesempatan bermain bersama Timnas Indonesia U-19. Tepatnya pada 2 Juli 2022.

Saat itu, Marcell Januar masih berusia 18 tahun. Pemain bernama lengkap Marcell Januar Putra itu telah lima kali bermain untuk Timnas Indonesia.

Dari lima laga itu, empat laga saat AFF U-19 2022 dan satu laga persahabatan internasional. Pemain dengan posisi utama center bek itu mendapat 357 menit bermain.

Marcell Januar juga pernah membela Timnas U-16. Saat itu Marcell dipercaya menjadi kapten timnas. Pada gelaran AFF U-19, Marcell menjalani debut di Timnas U-19 saat Indonesia melawan Vietnam.

Baca Juga: Persis Solo Pastikan Jalani Dua Uji Coba di Jawa Timur Akhir Pekan Ini

Marcell Januar bermain dari bangku cadangan menggantikan Mohammad Ferrari yang mengalami cedera. Laga pun berakhir imbang 0-0. Di laga selanjutnya, dia menjadi starter dan berhasil membantu Garuda Muda menang besar atas Brunei Darussalam dengan skor 7-0.

Di laga selanjutnya, Marcell kembali bermain penuh selama 90 menit. Namun, Indonesia harus puas berbagi angka 0-0 dengan Thailland.

Di laga terakhir fase grup, Marcell hanya bermain 45 menit saat melawan Myanmar. Indonesia saat itu menang 5-1, namun gagal lolos dari fase grup.

Baca Juga: Wacana Trofeo Mataram Is Love Ramai di Media Sosial, Ini Tanggapan Persis Solo

Marcell Januar merupakan pemuda asal Gresik, Jawa Timur. Remaja kelahiran 20 Januari 2004 ini mengawali karier sepak bola profesionalnya bersama Bali United Youth pada 2018.

Dia membela Bali United selama dua tahun sebelum akhirnya bergabung bersama Persis Solo Youth. Marcell juga tergolong pemain serba bisa di lini belakang.

Dia bisa dipasang sebagai bek sayap kanan atau kiri. Coach Shin Tae-yong pun beberapa kali memasang Marcell di sayap kanan.

PROFIL MARCELL JANUAR

Nama lengkap: Marcell Januar Putra

Tanggal lahir: 20 Januari 2004

Tempat lahir: Gresik, Jawa Timur

Usia: 18 tahun

Tinggi badan: 174 cm

Posisi bermain: Bek tengah

Kekuatan kaki: Kanan

Agen pemain: GBL

Klub saat ini: Persis Solo Youth



Bergabung: 26 April 2021

Harga pasaran saat ini: Rp869,08 juta

Harga pasaran tertinggi: Rp869,08 juta (22 Juli 2022)

Sumber: Transfermarkt dan disarikan dari berbagai sumber.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya