SOLOPOS.COM - Lyodra Ginting. (Instagram/@lyodraofficial)

Solopos.com, SOLO-Nama Lyodra Ginting viral gara-gara hoaks teriak Papua Merdeka saat tampil di Istana Kepresidenan, berikut ini profil penyanyi pemenang Indonesian Idol ini. Simak ulasannya di profil artis kali ini.

Bukan hanya karena video viral yang telah diedit tersebut, sosok penyanyi ini juga mencuri perhatian saat tampil di upacara peringatan HUT ke-77 RI lantaran aksi panggungnya. Dia menyanyikan tiga lagu daerah.

Promosi Ayo Mudik, Saatnya Uang Mengalir sampai Jauh

Dikenal sebagai penyanyi yang sanggup melahap nada-nada tinggi, seperti apakah profil Lyodra Ginting?  Dikutip dari berbagai sumber, Kamis (18/8/2022), penyanyi ini terlahir pada 21 Juni 2003 di Kota Medan, Provinsi Sumatra Utara. Dia memiliki nama lengkap Lyodra Margareta Ginting.

Ia dibesarkan dalam keluarga Katolik dan diberi nama baptis Margareta. Nama depan Lyodra sendiri adalah modifikasi atau bentuk lain dari nama perempuan dalam bahasa Ibrani, Liora, yang berarti cahaya. Lyodra merupakan anak sulung dari dua bersaudara, dari pasangan wirausahawan Simar Ginting dan perawat psikiatris Natalia Johanna Tarigan.  Ia diketahui memiliki seorang adik laki-laki yang usianya terpaut dua tahun bernama Igyralo Ginting.

Baca Juga: Lirik Lagu Pesan Terakhir – Lyodra Ginting

Bakat bernyanyi Lyodra mulai terlihat sejak ia berusia 2 tahun.  Ketika menginjak usia 4 tahun, ia sudah berpartisipasi dalam lomba-lomba menyanyi berskala lokal di Kota Medan. Menurut ayahnya, Lyodra mampu menyanyikan lagu Ibu Kita Kartini dengan teknik vibrato yang lebih baik daripada teman-teman sebayanya, bahkan melebihi mereka yang sudah pernah mengikuti les vokal sebelumnya.

Pada 2013, Lyodra berlatih olah vokal dengan Derta Purba yang juga guru vokal dari penyanyi solo seriosa Putri Ayu Silaen. Ia juga berlatih memainkan organ sembari melayani sebagai pemazmur dalam misa di Gereja Katolik Santo Fransiskus Assisi, Medan.

Kemampuan Lyodra bernyanyi dengan jangkauan whistle register didapatinya secara autodidak. Saat masih berstatus pelajar kelas tujuh SMP, Lyodra pernah melakukan vokalisasi dengan cara menyanyikan nada-nada tinggi hingga setinggi mungkin di rumah orang tuanya. Di kemudian hari, ia mencoba cara yang sama menggunakan lagu O Holy Night yang dipopulerkan oleh Mariah Carey.

Baca Juga: Selamat! Anneth dan Lyodra Artis Terbaik Indonesia Versi MAMA 2021

Di dalam lagu tersebut terdapat bagian yang mengharuskan penyanyi menyentuh nada tinggi yang notabene sulit dilakukan oleh orang biasa. Namun, Lyodra mampu menyanyikan nada tersebut dengan tepat. Belakangan, ia baru mengetahui bahwa jangkauan suara yang ia miliki disebut whistle register. Dia mengaku pernah mengalami kerusakan pita suara pada 2016, akibat bernyanyi menggunakan whistle register secara berlebihan.

Profil Lyodra Ginting sebagai penyanyi cilik nasional dimulai pada ajang Kirana Semen Indonesia 2014, yang diselenggarakan oleh PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. Setelah menjuarai babak regional yang digelar di Kota Medan, ia pun melaju ke final di Jakarta, bersama dengan 28 finalis lainnya yang berasal dari 28 kota di Indonesia. Dalam babak final tingkat nasional yang dihelat pada 31 Maret 2014 di Djakarta Theater XXI, Jakarta Pusat, Lyodra menempati posisi empat teratas dan membawa pulang hadiah juara harapan satu berupa uang tunai senilai Rp25 juta.

Baca Juga: Lyodra Ginting Masuk 8 Besar Wanita Tercantik Dunia versi TC Candler

Setelah itu, dia tampil sebagai peserta dalam ajang Indonesia Mencari Bakat 4 yang tayang di stasiun televisi nasional Trans TV mulai 1 Agustus 2014. Setelah melalui berbagai tahapan kompetisi dan menyingkirkan 19 finalis, pada tanggal 19 Oktober 2014, Lyodra tereliminasi di babak enam besar.

Setelah tersisih, Lyodra dikontrak oleh label rekaman Gut Records yang dinaungi oleh musisi Erwin Gutawa dan Gita Gutawa. Bersama enam anak lainnya yang dipandang memiliki bakat spesial dalam bidang musik, ia terpilih sebagai salah satu personel dari proyek grup musik yang diberi nama Di Atas Rata-Rata 2 (DARR 2)

Bergabungnya Lyodra dengan manajemen DARR 2 membuat ia terlibat dalam berbagai pementasan musik berskala besar. Salah satunya ialah Java Jazz Festival 2016 yang digelar pada tanggal 4–6 Maret di JIExpo Kemayoran, Jakarta. Dia juga tampil di hadapan Presiden Joko Widodo dan sejumlah tamu kenegaraan dalam acara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71, pada tanggal 17 Agustus 2016, di Istana Merdeka.

Baca Juga: Lyodra Ginting Bawakan 3 Lagu Daerah di Istana Negara, Apa Saja?

Saat berusia 13 tahun, dia turut ambil bagian dalam kompetisi menyanyi solo internasional khusus anak usia 6–15 tahun, bertajuk Sanremo Junior 2017, di Kota Sanremo, Italia.  Pada malam final yang diselenggarakan pada 3 Mei 2017 di Gedung Bioskop Ariston, Sanremo, Lyodra membawakan lagu Dear Dream ciptaan Gita Gutawa, yang diterjemahkan oleh Ria Leimena dari lagu asli berbahasa Indonesia berjudul Janji untuk Mimpi. Ia pun berhasil menjadi pemenang pada kategori lomba yang diikutinya, yakni Kategori A3 (usia 13–15 tahun), mengalahkan sembilan orang peserta dari sembilan negara.

Selain itu, dari 24 finalis yang berasal dari 18 negara—terbagi dalam tiga kategori lomba berdasarkan kelompok usia—ia juga terpilih sebagai satu-satunya finalis yang menerima penghargaan khusus dari panitia, berupa trofi “Prix of Sanremo Junior Committee.

Profil Lyodra Ginting sebagai penyanyi semakin bersinar setelah dia berhasil memenangi Indonesian Idol. Ketika audisi ia membawakan lagu I’ll Never Love Again milik Lady Gaga dan mendapatkan golden ticket dari para juri. Tak hanya itu, video audisinya bahkan menarik perhatian masyarakat Indonesia atas kemampuan bernyanyi menggunakan teknik whistle register dengan sangat baik, sehingga berhasil menduduki trending 1 youtube Indonesia kala itu. Lyodra tercatat sebagai pemenang termuda sepanjang sejarah Indonesian Idol, yaitu pada usia 16 tahun 8 bulan 15 hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya