SOLOPOS.COM - Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Azyumardi Azra. (Bisnis-Gloria Fransisca Katharine Lawi)

Solopos.com, JAKARTA — Ketua Dewan Pers, Azyumardi Azra, yang lebih akrab disapa Prof Azra meninggal dunia setelah menjalani perawatan di rumah sakit di Selangor, Malaysia pada Minggu (18/9/2022).

Azyumardi Azra meninggal dunia pada usia 67 tahun. Dilansir melalui @KL_Reporter, Azyumardi Azra akan menjadi salah satu pembicara pada konferensi #ABIM di Bangi Avanue Convention Centre (BACC), Selangor, Malaysia pada Sabtu (17/9/2022).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Azyumardi Azra dari Indonesia dilarikan ke RS [Rumah Sakit] Serdang setibanya di KLIA dari Jakarta setelah dikabarkan mengalami sesak nafas selama penerbangan. Azyumardi adalah presiden Dewan Pers Indonesia,” cuit akun @KL_Reporter, Minggu (18/9/2022).

Dikutip melalui laman resmi Staff Universitas Islam Negeri, pria yang akrab disapa Azra ini dikenal sebagai akademisi dan intelektual Islam Indonesia. Pria kelahiran 4 Maret 1955 tersebut mengawali pendidikan tinggi di Fakultas Tarbiyah IAIN Jakarta pada 1982.

Selanjutnya, Azra meraih gelar Master of Art (MA) di Departemen Bahasa dan Budaya Timur Tengah, Columbia University Amerika Serikat pada 1988. Ia mendapatkan beasiswa Columbia President Fellowship dari kampus yang sama, tetapi dari Departemen Sejarah. Ia meraih gelar MA kedua di kampus tersebut pada 1989.

Baca Juga : Kabar Duka, Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra Meninggal Dunia di Malaysia

Dilansir dari laman resmi Dewan Pers, Prof Azra menambah gelar Master of Philosophy (MPhil) dari Departemen Sejarah, Columbia University tahun 1990. Lalu, Doctor of Philosophy Degree dengan disertasi berjudul The Transmission of Islamic Reformism to Indonesia: Network of Middle Eastern and Malay-Indonesian ‘Ulama in the Seventeenth and Eighteenth Centuries. Disertasi tersebut diterbitkan menjadi buku.

Azra juga berhasil mendapatkan gelar Guru Besar Sejarah Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah. Ia kembali ke Indonesia pada 1993, Azra mendirikan dan menjadi Pemimpin Redaksi Studia Islamika, jurnal Indonesia untuk studi Islam.

Ia juga pernah tercatat sebagai wartawan Panji Masyarakat pada 1979-1985. Pada 1994-1995, Azra mengunjungi Southeast Asian Studies pada Oxford Centre for Islamic Studies, Oxford University, Inggris. Ia juga mengajar sebagai dosen pada St. Anthony College.

Pakar demokrasi dan Islam ini juga pernah menjadi profesor tamu pada Universitas Filiphina dan Universitas Malaya, Malaysia pada 1997. Azra juga merupakan anggota Selection Committee of Southeast Asian Regional Exchange Program yang diorganisir oleh Toyota Foundation dan Japan Center, Tokyo, Jepang antara tahun 1997-1999.

Sejak Desember 2006, ia menjabat Direktur Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta. Ia pernah menjabat Rektor UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada 1998-2006. Kemudian Dosen Fakultas Adab dan Fakultas Tarbiyah IAIN Syarif Hidayatullah, Jakarta tahun 1992 hingga sekarang.

Baca Juga : MK Tolak Seluruh Gugatan Uji Materiil terhadap UU Pers

Selain itu, Azra juga tercatat sebagai Guru Besar Sejarah pada Fakultas Adab IAIN Jakarta, dan Pembantu Rektor I IAIN Syarif Hidayatullah, Jakarta tahun 1998. Prof. Azra merupakan orang Asia Tenggara pertama yang diangkat sebagai Professor Fellow di Universitas Melbourne, Australia tahun 2004-2009.

Dia juga menjadi anggota Dewan Penyantun (Board of Trustees) International Islamic University Islamabad Pakistan tahun 2004-2009. Ia juga masih menjadi salah satu anggota Teman Serikat Kemitraan bagi Pembaruan Tata Pemerintahan.

Pada 2010, Azyumardi Azra diberikan gelar Commander of the Order of British Empire (CBE) dari mendiang Ratu Inggris Elizabeth II dan resmi menjadi Sir pertama dari Indonesia. Gelar CBE diberikan oleh Kerajaan Inggris kepada individu untuk menghargai kontribusi positif yang telah dilakukan di bidang pekerjaan mereka.

Azyumardi Azra terpilih menjadi Ketua Dewan Pers Periode 2022-2025 menggantikan Mohammad Nuh.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra Meninggal Dunia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya