SOLOPOS.COM - Wali Kota Semarang, Hevearita Gunaryanti Rahayu. (Semarangpos.com-Imam Yuda S.)

Solopos.com, SEMARANG — Hevearita Gunaryanti Rahayu resmi menjabat sebagai Wali Kota Semarang. Berikut profil Hevearita Gunaryanti Rahayu atau yang karib disapa Mbak Ita.

Mbak Ita, baru saja dilantik sebagai Wali Kota ke-15 Semarang. Sebelumnya, perempuan kelahiran 4 Mei 1966 itu menjabat Wakil Wali Kota Semarang selama dua periode.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ita menjabat wali kota setelah posisi kepala daerah Kota Semarang itu kosong, menyusul ditunjukkan Hendrar Prihadi menjadi Kepala Lembaga Kebijakan Pengadan Barang dan Jasa Pemerintah (LKPP) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Oktober 2022.

Setelah itu, Ita pun ditunjuk sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Semarang dan baru secara resmi dilantik sebagai Wali Kota Semarang pada Senin (30/1/2023).

Profil Hevearita Gunaryanti Rahayu berasal dari kalangaan profesional. Sebelum berkarier di dunia politik hingga menjadi Wali Kota Semarang, Ita pernah bekerja sebagai pegawai bank swasta.

Dikutip dari laman wikipedia.org, Ita yang merupakan alumnus Fakultas Pertanian UPN Veteran Yogyakarta mengawali karier profesional sebagai Funding Officer di Bank Universal pada tahun 1991-1993.

Ia juga sempat beralih tempat kerja di Bank Permata sebagai Head of Public Sector pada tahun 2002-2023.

Pasca-kerja di Bank Permata, Ita ditunjuk sebagai Direktur PT Adita Farasjaya, sebuah perusahaan yang menyediakan sumber daya manusia dengan sistem outsourcing ke perusahan-perusahaan. Kemudian, pada tahun 2006, Ita menjabat sebagai Direktur Utama PT Sarana Patra Hulu Cepu (SPHC), sebuah badan usaha milik daerah (BUMD) Provinsi Jawa Tengah (Jateng) yang bergerak di bidang pengelolaan minyak bumi dan gas (migas).

Ita menjabat sebagai Dirut PT SPHC selama sembilan tahun, mulai 2006-2015. Ia meninggalkan jabatannya untuk mengikuti kontestasi Pilwalkot Semarang 2016, hingga akhirnya terpilih sebagai Wakil Wali Kota Semarang bersama Hendrar Prihadi, atau yang karib disapa Hendi.

Bersama Hendi, Ita memenangi Pilwalkot Semarang sebanyak dua kali. Ia pun terpilih sebagai Wakil Wali Kota Semarang dua periode yakni 2016-2021 dan 2021-2022.

Demikian, profil Hevearita Gunaryanti Rahayu atau yang karib disapa Ita, yang saat ini menjabat sebagai Wali Kota Semarang. Selain Wali Kota Semarang, Ita juga mengisi posisi sebagai Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Semarang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya