SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, MAGETAN — Istri kesembilan Bung Karno, Heldy Djafar, tutup usia pada Minggu (10/10/2021) sekitar pukul 22.00 WIB. Dia mengembuskan napas terakhir pada usia 74 tahun di Rumah Sakit Cipto Mangun Kusumo Jakarta.

Dihimpun Solopos.com dari berbagai sumber, Senin (11/10/2021), Bung Karno menikahi Heldy Djafar pada 1966. Saat itu usia Bung Karno sudah 65 tahun, sementara Heldy masih 19 tahun.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca juga: Kabar Duka: Heldy Djafar, Istri ke-9 Bung Karno Wafat

Wanita kelahiran Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, 11 Juli 1947 ini adalah anak bungsu dari pasangan H Djafar dan Hj Hamiah. Dia merupakan pengibar bendera pustaka yang tergabung di Barisan Bhinneka Tunggal Ika.

Rumah tangga Bung Karno dengan Heldy Djafar bertahan dua tahun. Saat itu Bung Karno sudah dimakzulkan dari kursi kepresidenan dan mulai sakit-sakitan.
Selain itu, untuk bisa bertemu Bung Karno, Heldy harus datang ke rumah Yurike, istri kedelapan Bung Karno. Hal itu pun membuatnya sedih dan sakit hati hingga meminta cerai. Namun permintaan itu ditolak karena Bung Karno tidak ingin berpisah.

Baca juga: 100 Pabrik Sepatu Pindah ke Jawa Tengah, Cari Karyawan Murah?

Akan tetapi, status mereka semakin tak jelas seiring berjalannya waktu. Sampai akhirnya Heldy Djafar menerima lamaran Gusti Soeriansjah, keturunan Kerajaan Banjar, pada 19 Juni 1968.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya