[ X ] CLOSE

Profil Dodit Mulyanto, Komika Sukses Lulusan UNS Solo

Komika dengan gaya khas bicaranya yang medok dan kalem ini ternyata lulus Universitas Sebelas Maret (UNS), Solo.
Profil Dodit Mulyanto, Komika Sukses Lulusan UNS Solo
SOLOPOS.COM - Dodit Mulyanto. (Instagram/@dodit_mul)

Solopos.com, SOLO — Sosok Dodit Mulyanto sudah pasti familiar di telinga masyarakat. Aktor dan komika dengan gaya khas bicaranya yang medok dan kalem ini terkenal sejak audisi Stand Up Comedy Indonesia (SUCI) pada 2014. Seperti apakah profil Dodit Mulyanto?

Profil Dodit Mulyanto

Mengutip dari berbagai sumber, Jumat (30/7/2021), Dodit mempunyai nama lengkap Dodit Wahyudi Mulyanto.  Komedian berekspresi datar ini lahir pada 30 Juni 1985 di Blitar, Jawa Timur.

Baca Juga: Profil Fiersa Besari, Penulis & Musisi Romantis yang Doyan Jelajah Alam

Dodit pernah mengenyam bangku di SLTPN 3 Blitar dan SMAK Diponegoro Blitar dan melanjutkan kuliah di Universitas Sebelas Maret (UNS), Solo, Jurusan Pendidikan Geografi.

Sebelum terkenal menjadi komedian, Dodit berprofesi menjadi guru musik SD dan SMP Santa Clara Surabaya. Dodit kali pertama tampil berkomedi tunggal di kafe Surabaya pada 2012. Kala itu dia memberanikan diri maju ke panggung tanpa persiapan materi karena mendapat paksaan dari temannya.

Dia pun mengikuti ajang Stand Up Comedy Indonesia ke 4 di Kompas TV.  Kekasih Angela Ci ini berkompetisi dengan dengan komika lain seperti Abdurrahim Arsyad, Yudha Keling, Yudhit Ciphardian, dan lainnya.

Baca Juga: Desta Mahendra Ternyata Kelahiran Solo Lur! Ini Profilnya

Dodit tampil di panggung dengan ciri khasnya pembawaanya yang kalem dan membawa biola kesayanganya. Dia juga mempunyai jargon “Pria Jawa yang memegang erat budaya Eropa untuk menggambarkan karakternya”. Sang juri, Raditya Dika selalu menjadi bahan leluconnya. Namun dia tersisih pada penampilan ke-14.

Kendati demikian, Dodit kemudian mengepakkan sayapnya ke dunia akting seperti di sinetron komedi dan film romantis.  Dia juga sering mengisi acara di luar kota setelah terkenal lewat Stand Up Comedy.

Dodit mengaku lebih memilih bermain di layar lebar daripada beradu akting di sinetron yang membuatnya lelah lantaran harus syuting tiap hari. Tidak hanya menjadi komika dan aktor, Dodit juga piawai bernyanyi. Hingga kini dia sudah mempunyai enam lagu yakni Cinta Pandangan Pertama, Pepaya Mangga Pisang Jambu, Yellow Flower ft. Cak Blankon dan Ipunk Power Metal, Darling ft. Cak Blankon, Udut Kopi ft. Lek Dahlan, dan lagu terbarunya tahun ini, Gunung Kemukus ft. Ndarboy Genk.

Baca Juga: Tak Disangka, Si Cantik Sisca Saraswati JKT48 Ternyata Cah Wonogiri

Dodit pernah menjadi bintang iklan dari produk Daihatsu, Oronamin C, Pipa Alderon,  dan Tokopedia. Dia juga pernah didapuk menjadi model video klip Los Dol milik Denny Caknan yang meledak di pasaran pada 2020.

 



Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago