Tutup
Scroll untuk melanjutkan membaca

Profil Bupati Pemalang yang Ditangkap KPK

Berikut profil Bupati Pemalang, Mukti Agung Wibowo, yang ditangkap KPK dalam operasi tangkap tangan atau OTT atas dugaan kasus suap.
SHARE
Profil Bupati Pemalang yang Ditangkap KPK
SOLOPOS.COM - Bupati Pemalang, Mukti Agung Wibowo, yang ditangkap KPK dalam operasi tangkap tangan atau OTT. (Instagram @masagungbupatine)

Solopos.com, SEMARANG — Bupati Pemalang, Mukti Agung Wibowo, dikabarkan ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam operasi tangkap tangan (OTT). Berikut profil Bupati Pemalang yang ditangkap KPK atas dugaan kasus suap dalam pengadaan barang dan jasa, serta jabatan.

Mukti Agung Wibowo, yang saat ini menjabat sebagai Bupati Pemalang periode 2021-2025 dikabarkan terjaring OTT KPK saat berada di Jakarta, Kamis (11/8/2022) malam. Ia kabarnya ditangkap di kompleks Gedung DPR bersama beberapa pejabat lain Kabupaten Pemalang.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Bupati Pemalang yang ditangkap KPK ini sebenarnya memiliki profil yang cukup kuat dalam kancah politik di Jawa Tengah (Jateng). Ia merupakan adik dari Bupati Brebes saat ini, Idza Priyanti, dan kakak dari Wali Kota Tegal periode 2008-2013, Ikmal Jaya.

Mukti Agung Wibowo lahir di Tegal, 2 Oktober 1976. Sebelum menjabat sebagai Bupati Pemalang, Mukti dikenal sebagai pengusaha Perusahaan Otobus (PO) Dewi Sri.

Alumnus Universitas Trisakti dan Universitas Diponegoro (Undip) Semarang ini sebelumnya juga sempat menjabat sebagai Wakil Bupati Pemalang periode 2011-2016. Kala itu, ia terpilih sebagai wakil bupati berpasangan dengan Junaedi.

Baca juga: Bupati Pemalang Ditangkap KPK, Ganjar Instruksikan Ini ke Pemkab

Namun pada Pilkada 2015, Mukti mencalonkan diri sebagai Bupati Pemalang berpasangan dengan Afifudin. Akan tetapi, pada Pilkada 2015 ia kalah dari pasangan petahana, Junaedi, yang berpasangan dengan Martono.

Pada Pilkada 2020, Mukti kembali mencalonkan diri sebagai Bupati Pemalang berpasangan dengan Mansur Hidayat. Pasangan ini diusung Partai Gerindra dan PPP.

Pada Pilkada 2020 ini, Mukti Ari Wibowo yang kini telah ditangkap KPK mampu mengalahkan lawan-lawannya untuk menduduki posisi Bupati Pemalang. Pasangan ini memenangi pilkada dengan perolehan 338.905 suara.

Baca juga: Bupati Pemalang Dikabarkan Kena OTT KPK, Begini Reaksi Ganjar

Berikut profil lengkap Bupati Pemalang, Mukti Ari Wibowo, yang ditangkap KPK dalam OTT di Jakarta, Kamis malam:

Riwayat Pendidikan

  • SD Ikhsaniyah 02 Kota Tegal (1983-1989)
  • SMP Negeri 2 Tegal (1989-1992)
  • SMA PPMI Assalam Surakarta (1992-1996)
  • S1 Universitas Trisakti Jakarta (1996-2002)
  • S2 Universitas Diponegoro Semarang (2013-2015)

Riwayat pekerjaan

  • SWA Mitra Dewi Sri (2006-2010)
  • PO Dewi Sri (2002-sekarang)
  • Wakil Bupati Pemalang (2011-2016)
  • Bupati Pemalang (2021- sekarang)



Berita Terkait
Indeks Berita
Berita Terpopular
Indeks Berita
Berita Lainnya
Indeks Berita
      Promo & Events
      Berita Terkini
      Indeks Berita
      Part of Solopos.com
      Punya akun? Silahkan login
      Daftar sekarang...
      Support - FaQ
      Privacy Policy
      Tentang Kami
      Kontak Kami
      Night Mode