SOLOPOS.COM - Putra bungsu KGPAA Mangkunagoro IX, Bhre Cakrahutomo. (Detik.com

Solopos.com, SOLO — Takhta kepemimpinan Pura Mangkunegaran Solo resmi dilanjurkan oleh GPH Bhre Cakrahutomo Wirasudjiwo. Putra tunggal permaisuri Prisca Marina ini ditunjuk sebagai KGPAA Mangkunagoro IX menggantikan ayahnya yang telah wafat.

Putra bungsu almarhum KGPAA Mangkunagoro IX ini terhitung masih muda. Usianya baru 25 tahun dan masih berstatus lajang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Meski demikian, pria kelahiran 29 Maret 1997 ini tercatat sebagai alumnus Fakultas Hukum Universitas Indonesia. Bhre adalah sosok pemuda yang memiliki sejumlah prestasi membanggakan.

Baca juga: Bhre Cakrahutomo Jadi Mangkunegara X, Apa Tugasnya?

Dia sempat tergabung dalam Tim Mooting Vis FH UI berhasil mendapatkan gelar champion pada sesi final Pre-Moot Willem C. Vis International Commercial Arbitration Moot yang ke-10 di Praha, Republik Ceko pada 11 Maret 2018.

Bhre Cakrahutomo sebelum naik takhta menjadi Mangkunegara X sempat mendapat tugas dari ayahnya untuk bertanggungjawab dalam proyek renovasi Pura Mangkunegaran. Dia juga beberapa kali tampil dalam acarabudaya di Pura Mangkunegaran. Salah satunya menjadi cucuk lampah atau orang yang berada di barisan terdepan saat kirab pusaka malam 1 Suro.

Baca juga: Daftar Nama Penguasa Mangkunegaran I-X

Pria milenial ini pun tampak menyukai kegiatan di alam bebas dan fotografi. Hal itu terlihat dari unggahan di akun Intagram pribadinya @bhresudjiwo yang memperlihatkan deretan foto pemandangan alam di berbagai tempat.

Sebagai pria berdarah Solo, Bhre Cakhrahutomo yang ditunjuk sebagai Mangkunegara X ternyata pendukung klub sepak bola Persis Solo. Dia terlihat menyaksikan pertandingan ketujuh Liga 2 antara Persis Solo melawan Persijap Jepara di Stadion Manahan pada Selasa (9/11/2021) malam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya