SOLOPOS.COM - Andri Ibo (kiri) ketika berduel dengan pemain Persebaya Surabaya dalam laga uji coba beberapa waktu lalu. (Istimewa/Ofisial Persis Solo)

Solopos.com, SOLO — Tim sepak bola Persis Solo memiliki sederet pemain andalan, salah satunya Andri Ibo. Mantan bek timnas ini membela Persis Solo setelah musim lalu memperkuat Persik Kediri.

Selama bergabung dengan Laskar Sambernyawa, Ibo menunjukkan performa yang luar biasa. Dia adalah salah satu pemain yang memiliki stamina terkuat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hal itu dibuktikan dalam laga Piala Presiden 2022 di Stadion Manahan Solo, Selasa (21/6/2022) saat Persis Solo melawan PSIS Semarang. Ibo sempat membuat cemas lantaran terkapar tak sadarkan diri setelah berduel dengan Carlos Fortes pada menit ke-42. Akibat insiden itu, Ibo dibawa keluar lapangan.

Beberapa menit kemudian, dia tersadar dan melanjutkan permainan tanpa ada kendala apapun. Stamina Ibo yang sedang berlaga dalam tensi tinggi itu pun membuat pelatih Persis Solo, Jacksen Tiago, terkesan.

Jacksen mengakui sosok Andri Ibo adalah pria yang kuat secara fisik dan selalu memberikan performa terbaik di lapangan, khususnya untuk Persis Solo.

“Ibo sangat kuat secara fisik, siap memberikan komitmen seribu persen di lapangan, selalu siap memberi yang terbaik,” kata dia.

Baca juga: Sekuat Gatotkaca, Andri Ibo Tak Kenal Lelah & Takut Bela Persis Solo

Dia menilai Ibo sukses sebagai stopper dan menjalankan bek kanan dengan luar biasa. Baginya, Andri Ibo adalah pemain yag bisa membantu Persis Solo selama kompetisi berjalan.

“Semua lihat sendiri, Ibo tidak pernah lelah dan takut,” imbuh dia.

Profil Andri Ibo

Andri Ibo adalah pesepakbola kelahiran Sentani, Papua, 3 April 1990. Bakatnya bermain sepak bola sudah diasah sejak kecil.

Guna mengejar impian sebagai pesepak bola profesional, Ibo bergabung dengan Akademi Persidafon Dafonsoro pada 2008. Setahun di tim junior, dia pun menembuss tim utama Persidafon Dafonsoro pada 2009 untuk bermain di level profesional.

Performa yang luar biasa membuatnya beberapa kali dipanggil memperkuat Timnas Indonesia U-23. Prestasi terbaiknya adalah membawa Indonesia meraih medal perak di SEA Games 2013.

Baca juga: Ini Pemilik No Punggung 17 Persis Solo, Bikin Stadion Manahan Hening

Sebelum bergabung dengan Persis Solo pada 18 Mei 2022, Andri Ibo telah mengumpulkan pengalaman di berbagai klub. Pada 2014 lalu dia diboyong Persipura dan bertahan di sana selama empat musim.

Bersama Persipura, Andri Ibo sukses meraih gelar Indonesia Soccer Championship (ISC) A pada 2016 silam.

Setelah itu, pesepakbola yang memiliki stamina seperti ksatria Gatotkaca dalam pewayangan ini melanjutkan karier ke Barito Putera pada 2019. Dia hanya bertahan satu musim dan berpindah ke Persik Kediri.

Baca juga: Persis Solo Vs PSIS Semarang Skor 1-2, Gibran : Sesuk Kudu Menang!

Sayangnya, musim perdana di Persik Kediri terhenti karena kompetisi dibatalkan akibat pandemi. Setelah tampil cukup apik di Liga 1 2021/22 bersama Persik Kediri dengan tampil 14 kali, Andri Ibo memutuskan hengkang ke Persis Solo yang merupakan tim promosi di Liga 1 musim 2022/23.

Dia merupakan salah satu pemain dengan bayaran termahal. Berdasarkan informasi di laman transsfermarkt.co.id, yang diakses Solopos.com, Kamis (23/6/2022), bayaran Andri Ibo diperkirakan mencapai Rp1,3 miliar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya