SOLOPOS.COM - Warga mengikuti test drive produk baru dari Honda, New Vario 125, yang digelar Astra Motor Jateng, di The Park Mall, Sukoharjo, Sabtu (22/10/2022). (Solopos/Bayu Jatmiko Adi)

Solopos.com, SUKOHARJO— Pasar sepeda motor di Jawa Tengah (Jateng) tampaknya masih terus menggeliat. Produsen besar untuk sepeda motor pun terus memunculkan produk-produk terbaru guna memberikan pilihan kepada konsumennya. Soloraya, juga memiliki kontribusi tersendiri untuk beberapa segmen.

Berdasarkan data yang disajikan di https://jateng.bps.go.id, jumlah kendaraan bermotor di Jawa Tengah terus meningkat setiap tahunnya. Pada periode 2019-2021, juga mengalami peningkatan signifikan. Pada 2019 tercatat ada 15.627.624 sepeda motor, pada 2020 ada 16.214.173 sepeda motor dan pada 2021 ada 17.917.660 sepeda motor.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Sementara khusus di wilayah Soloraya, di 2019 terdapat 3.430.521 sepeda motor, pada 2020 meningkat menjadi 3.539.924 sepeda motor. Kemudian pada 2021 jumlahnya menjadi 3.946.718 sepeda motor.

Dengan begitu jumlah sepeda motor di Soloraya mengalami peningkatan setiap tahunnya. Jika melihat segmen, wilayah Soloraya juga dapat dibilang memiliki segmen yang beragam untuk pasar sepeda motor. Hal itu dapat dilihat dari keberadaan sepeda motor yang ada di jalanan Kota Solo dan sekitarnya.

Hampir semua segmen dapat ditemui, baik untuk segmen matik, motor bebek hingga motor sport. Baik yang kelas menengah ke bawah hingga menengah ke atas.

Baca Juga: Wajib Tahu! Ini Tanda Motor Harus Ganti Oli 

Tidak heran jika Soloraya kerap menjadi lokasi event peluncuran produk-produk sepeda motor terbaru di tingkat regional, seperti yang dilakukan Main Dealer Astra Motor Jateng belum lama ini.

Tidak tanggung-tanggung, Astra Motor Jateng menggelar peluncuran dua produk sekaligus dalam dua hari berturut-turut. Pada Jumat (21/10/2022), peluncuran dilakukan untuk produk sport premiumnya, New CBR250RR. Kemudian pada hari berikutnya digelar peluncuran New Honda Vario 125. Kedua acara itu digelar di The Park Mall, Sukoharjo.

Beberapa waktu sebelumnya, yakni pada Juli lalu, tempat tersebut juga menjadi lokasi pengenalan produk matik premium Honda, yakni New ADV 160.

Pada sesi tanya jawab dengan wartawan di acara peluncuran produk baru di The Park Mall itu, Marketing Manajer Astra Motor JatengBudi Hartanto, menjelaskan jika melihat segmen pasar, Solo dan sekitarnya merupakan segmen untuk pasar menengah ke atas. Namun, Solo juga masuk dalam daftar wilayah yang mampu menyerap kendaraan segmen menengah ke bawah seperti Vario 125 series.

Baca Juga: Paling Agresif di Kelas Supersport 250cc, New Honda CBR250RR Bikin Gempar Solo

“Sebenarnya banyak sekali di Jateng [Jawa Tengah] dengan segmen middle low. Vario 125 ini termasuk segmen menengah ke bawah. Kalau kota yang paling besar untuk segmen ini ada di Pekalongan, Pati, Semarang dan Solo. Kurang lebih hampir sama. Tapi Solo ini sebenarnya segmennya lebih ke middle up,” kata dia, Sabtu (22/10/2022).

Dia juga menyampaikan pemilihan tempat launching tersebut juga memilikirkan segmen marketnya. Dengan begitu diharapkan produk baru yang diperkenalkan bisa diterima pasar dengan baik.

Berbicara mengenai penjualan motor, pihaknya berharap dengan hadirnya produk-produk baru, Honda tetap bisa menguasai pasar di setiap kelas motor. Untuk kelas sport premium New CBR250RR misalnya, diharapkan bisa menguasai 70%-80% di kelas sport 250 cc premium. Begitu pula dengan hadirnya New Honda Vario 125, diharapkan mampu menguasai pasar untuk kelas matik menengah ke bawah. Klaim sejauh ini, Honda telah mampu menguasai 90% pasar sepeda motor di Jateng.

Baca Juga: Ini Dia Harga & Spesifikasi New Honda Vario 125, Tampil Lebih Sporty hlo

Disebutkan, pada akhir September 2022, jumlah inden masih sekitar 56.000 unit untuk semua tipe motor Honda. Sementara di September tersebut pihaknya sudah menjual sekitar 43.000 unit. “Kami berharap di bulan ini target 43.000 unit. Kemudian bulan depan kami canangkan 47.000 unit, belum ditambah inden baru,” lanjut dia.

Sementara jika melihat segmen yang dominan pada penjualan kendaraan, hingga saat ini masih diduduki segmen matik. Secara persentase, domaninasi itu mencapai 94% untuk wilayah Jateng.

Region Head Astra Motor Jateng, Ronaldo Widjaja, mengatakan dari data tersebut, Vario 125 series memiliki kontribusi cukup besar untuk kelas matik.

“Secara bertahap terus meningkat, terakhir mencapai 20% dari total matik. Ini menunjukkan animo terhadap produk ini cukup baik,” kata dia.

Sementara dari total inden yang ada, terbesar adalah dari seri Scoopy yakni sekitar 40%, kemudian Vario 125 series sekitar 30%. Selanjutnya ada Beat series dan tipe lainnya, termasuk seri ADV ABS dan seri PCX.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya