SOLOPOS.COM - Pergelaran seni budaya dan pameran produk usaha mikro, kecil, dan menengah Kota Solo, Jawa Tengah, jadi duta diplomasi kebudayaan dan ekonomi di Paris, Prancis. (Dokumen KBRI Paris)

Solopos.com, SOLO — Lebih dadi 1.000 item produk ekonomi kreatif berbasis usaha mikro, kecil, dan menengah di Kota Solo, Provinsi Jawa Tengah, dipamerkan di Paris, Prancis, dalam acara Indonesie, de Java a Bali pada 8-17 Juni 2022.

Produk kreatif yang dipamerkan mencakup fesyen, dekorasi rumah, makan, dan minuman. Semua produk yang dipamerkan telah lolos kurasi seccara langsung yang dilakukan tim BHV Marais. Produk-produk UMKM di Kota Solo itu menjadi duta diplomasi ekonomi dan kebudayaan di Paris, Prancis.

Promosi BRI Group Berangkatkan 12.173 Orang Mudik Asyik Bersama BUMN 2024

Di Pretoria, Afrika Selatan, pada 30 Mei 2022 hingga 3 Juni 2022, dalam World Food Festival yang diselenggarakan Kedutaan Besar Korea Selatan di Pretoria, Indonesia menghadirkan nasi goreng dan satai ayam sebagai sajian kuliner khas Indonesia. Nasi goreng dan satai ayam juga menjadi duta diplomasi kebudayaan dan ekonomi Indonesia. Penjelasan lengkap bisa dibaca di Produk UMKM Solo, Nasi Goreng, dan Satai Ayam Jadi Duta Diplomasi.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) masih menduduki peringkat teratas partai politik, sendirian di klaster I. Elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menunjukkan tren meningkat. Bila Ganjar tak diusung sebagai calon presiden pada Pemilu 2024, peta dukungan pemilih akan berubah banyak dan susah diperkirakan sejak sekarang.

Ekspedisi Mudik 2024

Survei Dinamika Pilihan Partai dan Presiden Menjelang 2024 yang dipublikasikan Saiful Mujadi Research and Consulting pekan lalu menunjukkan keberhasilan mengungkap pilihan partai politik menurun karena yang tidak menjawab meningkat signifikan.

Efek terhadap urutan kekuatan partai politik tidak berubah. PDIP masih tetap di klaster pertama sendirian. PDIP masih berpeluang menjadi partai pemenang pemilihan umum 2024, meraih suara terbanyak, atau mempertahankan hasil Pemilu 2014 dan Pemilu 2019. Ulasan lengkap bisa dibaca di PDIP Bisa Menang Lagi, Ganjar Penentu Konstelasi Pemilihan Presiden.

Masyarakat Suku Bajo mendapatkan kesempatan pemberdayaan ekonomi setelah menerima sertifikat bukti kepemilikan tanah tempat mereka tinggal. Sertifikat tanah menjamin kepastian hukum atas tanah mereka sekaligus simbol sejarah baru dalam kehidupan mereka yang mengukir senyuman indah.

Pada Kamis (9/6/2022) lalu masyarakat Suku Bajo menerima sertifikat tanah yang disampaikan secara simbolis kepada warga Suku Bajo oleh Presiden Joko Widodo. Ia adalah presiden pertama Republik Indonesia yang mengunjungi permukiman Suku Bajo di Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Presiden Joko Widodo menyerahkan 525 lembar sertifikat tanah kepada masyarakat adat suku Bajo. Sertifikat tanah diserahkan kepada empat orang wakil warga yang berhak menerima sertifikat tanah dalam pertemuan di Kampung Mola di wilayah Desa Mola Selatan, Kecamatan Wangi Wangi Selatan, Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara. Uraian lengkap tersaji di Sertifikat Pengukir Senyuman Indah Warga Suku Bajo.

Gempa bumi yang kerap terjadi di Pacitan salah satunya dipicu keberadaan sesar aktif Grindulu. Sesar Grindulu membelah Kabupaten Pacitan hingga ke lereng Gunung Wilis di Ponorogo.

Gempa bumi dengan magnitudo 5,3 terjadi di wilayah Pacitan, Jawa Timur, Minggu pagi (12/6/2022). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa terjadi pada pukul 06.55 WIB.

“#Gempa Magnitudo: 5.3, Kedalaman: 79 km, 12 Jun 2022 06:55:32 WIB, Koordinat: 8.67 LS-111.42 BT (64 km Tenggara PACITAN-JATIM), Tidak berpotensi tsunami #BMKG,” demikia informasi dari BMKG melalui akun Twitter @infoBMKG. Data lengkap bisa dibaca di Mengenal Sesar Aktif Grindulu yang Membelah Pacitan hingga Gunung Wilis.

Konten-konten premium di kanal Espos Plus menyajikan pembahasan dengan sudut pandang tajam, komprehensif, dan berdata lengkap. Konten premium menyajikan analisis mendalam atas suatu topik. Silakan mendaftar terlebih dulu untuk mengakses konten-konten premium tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya