Pria Ini Dinyatakan Tak Bersalah Setelah Menjalani Hukuman 28 Tahun Penjara

Menurut laporan, Hollman tidak memiliki catatan kriminal sebelumnya dan diketahui bekerja sebagai sopir.
Pria Ini Dinyatakan Tak Bersalah Setelah Menjalani Hukuman 28 Tahun Penjara
SOLOPOS.COM - Ilustrasi tahanan penjara. (freepik)

Solopos.com, WASHINGTON DC — Seorang pria asal Philadelphia, Amerika Serikat. Chester Hollman terbukti tidak bersalah setelah menghabiskan 28 tahun di dalam penjara. Pria itu lalu mendapatkan hadiah uang sebanyak US$9,8 juta dari pihak berwenang setelah dibebaskan.

Tes Rapid Antigen di Rest Area Boyolali, 3 Warga Ditemukan Positif Covid-19

Melansir Daily Star, Senin (4/1/2020), Chester Hollman menghabiskan 28 tahun di balik jeruji besi karena kejahatan yang tidak pernah dilakukannya.

Pada 1991, Hollman yang saat itu berusia 21 tahun didakwa bersalah atas tuduhan menodong dan membunuh seorang pelajar. Dia dipenjara berdasarkan pernyataan palsu dari saksi kunci yang dipaksa untuk berbohong.

Saksi mata itu juga dipaksa menyembunyikan bukti yang mengarah pada pelaku sebenarnya, lapor Philadelphia Inquirer. Hingga suatu hari saksi mata itu mengakui semua kebohongan yang menyebabkan Hollman dipenjara.

Puluhan Babi di Klaten Mati Mendadak Terserang Virus yang Belum Ada Obatnya

Tak Ada Catatan Kriminal

Menurut laporan, Hollman tidak memiliki catatan kriminal sebelumnya dan diketahui bekerja sebagai sopir. Pengacara Hollman, Amelia Green, juga menyatakan bahwa pria itu memiliki bukti yang menyatakan dia tidak bersalah dan tidak sepantasnya mendapat hukuman.

Pada 2018, Jaksa Larry Krasner dari Conviction Intergrity Unit meminta hakim untuk meninjau ulang kasus tersebut. Hingga pada 2019, hakim pun menyatakan pria berusia 49 tahun itu tidak bersalah dan dibebaskan dari hukumannya.

Hollman mengaku bersyukur dirinya dapat dibebaskan dan memulai hidup yang baru. “Tidak ada kata-kata untuk mengungkapkan apa yang telah diambil dari saya, dan tidak ada cara untuk mengukur apa yang telah hilang, tetapi penyelesaian ini menutup babak yang sulit dalam hidup saya karena keluarga saya dan saya sekarang memulai [hidup] yang baru,” kata Hollman.

Kasus Covid-19 Wonogiri Diprediksi Masih Meningkat, Ini Alasannya

Pihak berwenang memberi hadiah kepada Hollman uang sejumlah $ 9,8 juta atau setara Rp135 miliyar setelah pria itu dibebaskan.

Kisah Hollman juga diangkat menjadi sebuah film seri kriminal Netflix yang berjudul The Innoncent Files yang dirilis pada 15 April 2020 lalu. Film ini menceritakan kegagalan pemerintah Philadelphia menegakkan keadilan.

Berita Terkait
    Promo & Events
    Berita Terkini
    Indeks Berita

    Apa yang ingin anda baca?

    :
    :
    Night Mode
    Notifications
    Support
    Privacy
    PasswordUpdated 15 days ago