SOLOPOS.COM - Pemain belakang MU Michael Carrick diharapkan bisa menjadi palang pintu. Ist/telegraph.co.uk

Solopos.com, MANCHESTER — Keroposnya lini pertahanan Manchester United bakal memberi peluang lebih besar bagi Crystal Palace untuk mengunci kemenangan saat bertamu ke Old Trafford, Sabtu (8/11/2014) malam.

Lubang di lini belakang telah membuat skuat berjuluk Setan Merah menelan kekalahan 0-1 dari Manchester City di Etihad Stadium, pekan lalu. Dalam derby Manchester kali itu, United harus bermain dengan 10 pemain karena bek Chris Smalling diusir keluar lapangan setelah menerima kartu kuning kedua di menit ke-39.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Bek tengah andalan United, Marcos Rojo, yang termasuk dalam daftar starting line up dalam laga kontra City, juga harus meninggalkan lapangan karena bahunya terkilir. Oleh sebab itu, Bos United, Louis van Gaal, harus merombak barisan pertahanan saat menjamu Crystal Palace nanti.

Cedera pemain merupakan masalah klasik yang dihadapi pelatih berdarah Belanda itu sejak tiba di United, awal musim ini. Namun, Van Gaal kini bisa mengandalkan Michael Carrick yang mulai pulih setelah cukup lama absen. Gelandang berusia 33 tahun itu bisa menjadi pilihan menarik bagi Van Gaal untuk menutup lubang di lini belakang.

Carrick mengaku siap membantu mengembalikan timnya ke jalur kemenangan setelah rekor tak terkalahkan mereka di empat laga beruntun dinodai City. “[Pertahanan] bukanlah posisi yang sering mainkan. Tapi, saya telah membiasakan diri bermain di posisi itu sepanjang tahun, saat bermain dalam dua atau tiga atau empat laga dalam satu musim,” kata dia, seperti dilansir Soccerway, Jumat (7/11).

“Jika saya memang harus bermain di lini belakang, saya akan menerima itu. Saya sudah lama tidak bertanding, jadi saya akan bermain di posisi apa pun. Saya rasa kami memiliki pilihan berbeda dan bisa memainkan formasi berbeda. Kami punya banyak variasi sekarang. Kami hanya perlu mencari pemain yang fit untuk memiliki lebih banyak pilihan,” imbuh pemain berpaspor Inggris itu.

Akan tetapi, Palace memiliki rekor pertemuan kurang manis dengan Setan Merah musim lalu. Skuat asuhan Neil Warnock itu selalu kalah, baik di laga kandang maupun tandang dari United.

Rekor Palace musim ini juga tak begitu baik. Mereka menduduki peringkat ke-10 klasemen dengan hanya mengantongi sembilan poin dari 10 laga yang telah dilakoni. Warnock belum berhasil membawa pasukannya meraih kemenangan dalam lima laga terakhir.

Oleh sebab itu, Palace terancam tak bisa tampil dalam bentuk terbaiknya di kandang Setan Merah. Sebab, mereka bakal kehilangan kapten, Mile Jedinak, yang diganjar kartu merah dalam kekalahan 1-3 dari Sunderland, Selasa (4/11) dini hari WIB. Pekan muram Warnock diperparah dengan denda yang dijatuhkan asosiasi sepak bola Inggris, FA, atas komentar soal wasit Craig Pawson saat timnya kalah dari Chelsea, bulan lalu.

Kendati demikian, Warnock optimistis mampu memanfaatkan kelemahan lini belakang United untuk meraih poin sempurna di Old Trafford. “Kami mungkin akan kesulitan bertandang ke Old Trafford tanpa Jedinak, tapi akan sangat menarik melihat apa yang bisa kami dapatkan tanpa dia,” kata manajer berusia 65 tahun itu.

“Mereka [United] memiliki satu atau dua masalah tapi saya rasa setiap klub memiliki pasti masalah. Saat berhadapan dengan tim seperti Chelsea, City, atau United, Anda tidak bisa mengatakan bisa menghentikan mereka. Ancaman ada di mana-mana,” sambung dia. (Tri Indriawati/JIBI/Solopos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya