SOLOPOS.COM - Cecs Fabregas dan Diego Costa dua penyerang berbahaya milik Chelsea siap membalas dendam. Ist/belfasttelegraph.co.uk

Solopos.com, SUNDERLAND— Rentetan hasil gemilang Chelsea di musim ini hanya akan menjadi omong kosong apabila tim asal London Barat ini gagal mengangkat trofi di akhir musim.

Begitulah pernyataan manajer Chelsea, Jose Mourinho, dalam setiap kesempatan wawancara dengan media. Pujian memang sedang mengalir deras kepada tim berjuluk The Blues tersebut. John Terry dkk. belum pernah terkalahkan di berbagai kompetisi musim ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Di Liga Premier, Chelsea juga tetap menjaga rekor tak terkalahkan dalam 12 laga musim ini. Pasukan Mourinho bertengger di puncak klasemen dengan 32 poin, unggul enam poin dari Southampton dan delapan poin dari Manchester City yang masing-masing menempati peringkat kedua dan ketiga.

Sontak, Chelsea musim ini selalu dikaitkan bakal meniru jejak tim berjuluk The Invicible milik Arsenal yang tak terkalahkan dalam satu laga pun ketika mengangkat trofi Liga Premier 2003/2004. Namun, berulang kali disinggung tentang kemungkinan Chelsea mengikuti jejak tim London Utara tersebut, berulang kali pula Mourinho melakukan bantahan.

Ekspedisi Mudik 2024

Meski demikian, sulit dimungkiri Mourinho tak memiliki ambisi untuk mengantar timnya finis sebagai juara dengan status tak terkalahkan. Pria asal Portugal tersebut memiliki skuat yang lebih komplet dan sempurna di setiap lini ketimbang musim lalu. Striker Diego Costa dan gelandang Cesc Fabregas menjadi penyempurna skuat The Blues, lewat donasi gol-gol dan assist-assist mereka.

“Saat ini, saya dalam permainan terbaik dalam karierku. Seratus persen dalam posisiku. Saya merasa lebih bisa mengontrol pertandingan, saya menyentuh bola setiap saat, saya merasa bahagia,” jelas Fabregas yang menorehkan 10 assist dalam 11 laga di Liga Premier musim ini, sejak didatangkan dari Barcelona pada awal 2014/2015.

Laga berikutnya bagi Chelsea adalah bertandang ke markas Sunderland, Stadium of Light, Sunderland, Minggu (30/11) pukul 00.30 WIB. Costa dan Fabregas bisa menjadi senjata Mourinho untuk meraup poin di kandang The Black Cats, julukan Sunderland. Eks manajer Real Madrid, Inter Milan, dan Porto tersebut mungkin masih menaruh dendam pribadi dengan Sunderland.

Bagaimana tidak, The Black Cats pernah menghentikan rekor tak terkalahkan milik Mourinho dalam 77 laga Liga Premier di Stamford Bridge selama dua periode menukangi Chelsea. Rekor fantastis Mourinho itu terhenti ketika Sunderland menjinakkan Chelsea 2-1, April lalu.

“Kami mendapatkan kemenangan masif atas tim-tim papan atas musim lalu, jadi jika kami bisa meneruskan momentum dan menaikkan poin, itu akan sangat bagus buat kami,” beber penggawa Sunderland, Adam Johnson, seperti dilansir Soccerway.

Meski demikian, sulit rasanya melihat kemungkinan Chelsea akan kembali gagal meraup poin di hadapan The Black Cats. The Blues tampil luar biasa dalam dua laga terakhirnya, yakni ketika mengalahkan West Bromwich Albion 2-0 pada Liga Premier dan melumat Schalke lima gol tanpa balas di Liga Champions, dalam kurun waktu sepekan terakhir.

Namun, justru rekor mulus Chelsea itu bisa memotivasi Sunderland di Stadium of Light. The Black Cats tentu berambisi menjadi tim perdana yang bisa mengalahkan The Blues musim ini, sekaligus untuk mengatrol posisi mereka dari papan tengah klasemen sementara.

Pelatih Sunderland, Gustavo “Gus” Poyet, bisa semakin percaya diri karena dua pemainnya, Ricky Alvarez dan Sebastian Coates, menunjukkan tanda-tanda kebugaran setelah masing-masing sembuh dari cedera lutut dan paha. Coates bahkan telah dimainkan ketika Sunderland ditahan imbang Leicester City tanpa gol akhir pekan lalu. “Ricky telah berlatih Selasa lalu, dia penting bagi kami,” jelas Poyet, yang pernah mengenakan kostum Chelsea pada 1997-2001. (Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos)

Sunderland Vs Chelsea
– Live Bein Sports 1/3, Minggu (30/11) Pukul 00.30 WIB
– Lokasi : Stadium of Light (Sunderland)
– Wasit : Kevin Friend

Sunderland (4-1-4-1)
– Pelatih: Gustavo Poyet
– Pemain: Pantilimon, Vergini, O’Shea, Brown, Reveillere, Cattermole, Johnson, Larsson, Gomez, Wickham, Fletcher
– Cadangan: Bridcutt, Buckley, Rodwell, Altidore, Mannone, Coates, Robson

Chelsea (4-2-3-1)
– Pelatih : Jose Mourinho
– Pemain: Courtois, Ivanovic, Cahill, Terry,  Azpilicueta, Matic, Fabregas, Willian, Oscar, Hazard
Costa
– Cadangan: Drogba, Ramires, Schurrle, Cech, Filipe Luis, Zouma, Obi Mikel

Tiga Pertemuan Terakhir
– 19/04/2014: Liga Premier –Chelsea 1 – 2 Sunderland
– 18/12/2013: Piala Liga–  Sunderland  2 – 1 (extra time) Chelsea
– 05/12/2013: Liga Premier– Sunderland 3 – 4 Chelsea

Sumber: Whoscored/Soccerway. (hkt/JIBI)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya