SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, MILAN— Italia dan Kroasia sama-sama mencatat poin sempurna pada tiga laga Grup H Kualifikasi Euro 2016. Lantas rekor tim manakah yang bakal ternoda ketika keduanya dipertemukan di Stadion San Siro, Milan, Senin (17/11/2014) pukul 02.45 WIB?

Azzurri, julukan Italia, menyimpan koleksi trofi lebih banyak ketimbang Vatreni, julukan Kroasia. Namun faktanya, dalam enam kali pertemuan terakhir kedua tim, juara dunia empat kali itu tidak pernah sekali pun memetik kemenangan atas Kroasia. Bahkan mereka dipaksa menelan tiga  kekalahan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Bentrok teraktual kedua tim terjadi pada putaran grup Euro 2012 di Poznan berakhir imbang. Saat itu, Italia terlihat akan memperoleh kemenangan ketika playmaker Andrea Pirlo mencetak gol pada menit ke-39.
Namun, Kroasia akhirnya memaksa laga berakhir imbang 1-1 lewat gol Mario Mandzukic pada babak kedua. Namun Azzurri akan mencoba menghapus kenangan pahit masa lalu itu bersama pelatih Antonio Conte pada bentrok di Milan nanti.

“Secara sejarah, ini momentum positif bagi Kroasia, dengan beberapa pemain yang menjadi pemain reguler di klub-klub utama Eropa. Namun, kami tahu kami punya kesempatan untuk mendekatkan jarak dan kami mewujudkannya,” jelas Conte beberapa waktu lalu, seperti dilansir Football Italia, Sabtu (15/11).

Ekspedisi Mudik 2024

Namun, bukan berarti kerhadiran allenatore yang membawa Juventus meraih hat-trick Scudetto itu bakal menjadi jaminan Italia akan mendapatkan kemenangan perdana atas Kroasia setelah 72 tahun silam. Pasalnya, Conte tidak bisa menurunkan para pemain kuncinya, termasuk Pirlo, Marco Verrati, dan Andrea Barzagli karena cedera, plus Leonardo Bonucci yang terkena sanksi kartu merah.

Tanpa pilar-pilar itu, Conte mungkin saja akan meninggalkan pakem 3-5-2. Dia akan memaksa Matteo Darmian dan Mattia De Sciglio sebagai wing-back dan menempatkan trio gelandang Antonio Candreva, Claudio Marchisio, dan Daniele De Rossi.

Sementara laporan lain menyebut De Rossi akan digeser  sebagai bek untuk menutup lubang yang ditinggalkan Bonucci dan Barzagli.

Di lini depan, Conte kemungkinan akan menduetkan Ciro Immobile dan penyerang Sassuolo, Simone Zaza sebagai starter alih-alih memberikan tempat bagi Mario Balotelli. Pasalnya, Super Mario, julukan Balotelli, dikabarkan mengalami cedera hamstring minor. Kabar terbaru bahkan menyebut Balotelli akhirnya dipulangkah ke klubnya, Liverpool, karena kondisinya justru semakin parah dan sedikit mengalami gangguang pinggang sehingga terlalu riskan dimainkan. Hal itu tentu menyedihkan mengingat ini panggilan pertama pemain berjuluk Super Mario itu ke Azzurri setelah Piala Dunia 2014 silam. Selain itu, bek tengah Angelo Ogbonna juga dikabarkan ikut dikirim pulang karena cedera.

Sebaliknya, Kroasia terlihat sangat siap berlaga di San Siro. Pelatih Vatreni, Niko Kovac, bahkan sengaja mengistirahatkan sejumlah pemain inti mereka ketika kalah 1-2 dari Argentina pada laga persahabatan medio pekan lalu. Di Milan, Kovac akan kembali memainkan pilar-pilar utamanya, seperti Luka Modric, Ivan Rakitic, Mario Mandzukic, dan Dejan Lovren.

“Alasan untuk merotasi pemain [saat lawan Argentina] sederhana. Kami harus melawan Italia, Minggu dan itu laga kualifikasi, jadi itu lebih penting dan laga ini rutin dimainkan,” beber Kovac. (Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos)
 
Prediksi Line Up Italia Vs Kroasia
• Live RCTI, Senin (17/11) Pukul 02.45 WIB
• Lokasi : Stadion San Siro (Milan)
Wasit : Bjorn Kuipers (Belanda)
 
• Italia (3-5-2) Pelatih : Antonio Conte
Buffon
Ranocchia, Chiellini, Ranocchia
Darmian, Candreva, De Rossi, Marchisio, De Sciglio
Pelle, Immobile
Cadangan: Perin, Sirigu, Moretti, Rugani, Bertolacci, Bonaventura, Cerci, Darmian, El Shaarawy, Parolo, Pasqual, Soriano,  Giovinco, Zaza
 
• Kroasia (4-2-3-1) Pelatih : Niko Kovac
Subasic
Srna, Corluka, Lovren, Vrsaljko
Rakitic, Modric
Perisic, Kovacic, Olic
Mandzukic
Cadangan: Kalinic, Vargic, Jedvaj, Milic, Vida, Leovac, Badelj, Halilovic, Pranjic, Brozovic, Sharbini, Antolic, Kramaric, Cop
 
• Tiga Pertemuan Terakhir
14/06/2012      Euro     Italia    1 – 1     Kroasia
17/08/2006      Persahabatan    Italia    0 – 2     Kroasia
08/06/2002      Piala Dunia      Italia                1 – 2     Kroasia
 
Sumber: Football Italia/Whoscored/Soccerway. (hkt/JIBI)

Pelatih Italia Antonio Conte akan diuji ketangguhannya melawan tim Kroasia. Ist/Dok

Pelatih Italia Antonio Conte akan diuji ketangguhannya melawan tim Kroasia. Ist/Dok

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya