SOLOPOS.COM - Lorenzo Insigne Vs Alvaro Morata (Okezone/Foreigner.fi)

Solopos.com, LONDON – Perang terbuka bakal tersaji saat Italia dan Spanyol bertemu di semifinal Euro 2020 di Stadion Wembley, London, Rabu (7/7/2021) pukul 02.00 WIB. Revolusi permainan Italia di bawah Roberto Mancini yang atraktif melawan tiki-taka Spanyol menjadi garansi laga dini hari nanti bakal menyuguhkan permainan menghibur.

Spanyol sejauh ini menjadi tim paling tajam dan mencetak gol terbanyak di pentas Euro 2020 dengan 12 gol. Jumlah itu lebih banyak satu gol dibanding Italia. Jika ditarik lebih jauh, La Furia Roja –julukan Spanyol– juga 13 kali berturut-turut tak terkalahkan siapa pun.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Italia jauh lebih superior karena sudah 32 kali tak terkalahkan lintas ajang, tepatnya sejak September 2018. Gli Azzurri–julukan Italia–juga lebih mengesankan dalam perjalanan mencapai semifinal Euro 2020.

Baca Juga: Jelang Italia Vs Spanyol: Roberto Mancini Puji Matador Tim Berkualitas

Memasukkan 11 gol dan kebobolan dua gol, Italia adalah satu-satunya dari empat semifinalis yang selalu menang dalam lima pertandingan sebelumnya.

Spanyol memang tak terkalahkan dalam lima pertandingan sebelumnya, tapi dua di antaranya berakhir seri, dan satu lainnya diakhiri adu penalti ketika mengalahkan Swiss pada perempat final.

Italia mungkin lebih teruji karena menaklukkan tim peringkat satu dunia FIFA, Belgia, yang masuk perempat final dengan selalu menang dalam empat laga sebelumnya. Sedangkan Spanyol malah susah payah menaklukkan Swiss via adu penalti.

Baca Juga: Jelang Italia Vs Spanyol: Enrique Puji Azzurri Bukan Lagi Tim Catenaccio

Aksi Heroik

Rasa kebersamaan Azzurri bisa dilihat di lapangan manakala mereka bertahan bagaikan para gladiator yang bertaruh nyawa, saat menang 2-1 atas Belgia dalam laga perempat final Euro 2020.

Tetapi, aksi heroik mereka membuat salah satu andalan mereka, yakni bek sayap AS Roma, Leonardo Spinazzola, cedera otot achilles-nya sehingga tak bisa menuntaskan turnamen ini.

Meski demikian, berbekal catatannya sendiri, Spanyol menolak silau kepada Italia.

Baca Juga: Brasil 1-0 Peru: Lucas Paqueta Antar Selecao ke Final Copa America 2021

Seri melawan Swedia dan Polandia sebelum bersinar ketika menang 5-0 atas Slovakia di laga pamungkas fase grup. Serta menang 5-3 atas Kroasia di babak 16 besar Euro 2020, Spanyol dipaksa Swiss melalui adu penalti guna menentukan pemenang perempat final di antara mereka.

“Sejak hari pertama kami sudah yakin kami adalah tim yang solid dan bersatu. Dan bahwa kami sudah cukup bagus, kami sudah membuktikan itu,” ucap attacker Spanyol yang bermain untuk Real Sociedad, Mikel Oyarzabal, seperti dikutip laman resmi Euro 2020.

“Italia adalah tim level atas yang diperkuat pemain-pemain yang terus tampil dalam level tertinggi bersama klub-klub mereka, tapi kami kurang lebih sama dengan mereka,” tukasnya.

Baca Juga: Prediksi Semifinal Euro 2020: Italia Lebih Impresif, Spanyol Andalkan Penguasaan Bola

Formasi 4-3-3

Italia terpaksa menjalani semifinal tanpa andalannya, Leonardo Spinazzola, yang digadang-gadang menjadi pemain terbaik turnamen sampai ia mengalami cedera. Cedera achilles di laga kontra Belgia membuat bek kiri berusia 28 tahun itu harus absen selama enam bulan ke depan.

Italia sendiri seperti biasa akan memasang formasi 4-3-3 di depan kiper Gianluigi Donnarumma. Duo bek tengah, Leonardo Bonucci dan Giorgio Chiellini tetap menempati jantung pertahanan.

Giovanni Di Lorenzo pun masih tetap memerankan bek kanan, sedangkan tempat Spinazzola akan diisi Emerson Palmieri. Trifekta lapangan tengah yang menawan saat menghadapi Belgia juga dipertahankan.

Baca Juga: Jadwal Semifinal Euro 2020: Disiarkan Langsung TV Lokal Rabu dan Kamis Pukul 02.00 WIB

Jorginho akan tetap menyangga pertahanan dan sekaligus mendikte tempo permainan, sedangkan Nicolo Barella serta Marco Verratti lebih ofensif dan merusak gerak maju lawan. Barella juga menjadi tenaga kreatif di tengah lapangan.

Lorenzo Insigne yang tampil memesona pada perempat final akan mengisi sayap kiri serangan Azzurri, sebaliknya Federico Chiesa berada di sayap kanan. Sedangkan untuk penyerang tengah, Italia kembali memasang Ciro Immobile.

Dari pihak Spanyol, winger Pablo Sarabia mungkin tak menjadi pilihan karena cedera saat melawan Swiss. La Furia Roja juga kembali memasang formasi 4-3-3 dengan Unai Simon masih menjaga gawang.

Baca Juga: Langkah Leonardo Spinazzola di Euro 2020 Terhenti, Ternyata Ini Penyebabnya

Trisula

Aymeric Laporte akan berduet dengan Pau Torres di jantung pertahanan, yang sebagaimana biasa diapit bek kanan Cesar Azpilicueta dan bek kiri Jordi Alba.

Poros permainan tetap disetir kapten Sergio Busquets, yang juga tetap didampingi Koke dan Pedri yang lebih bertugas menekan pertahanan lawan dengan membantu serangan.

Untuk trisula serangan, Ferran Torres mengisi posisi sayap kanan, sedangkan sayap sebaliknya ditempati Dani Olmo yang kemungkinan masuk menggantikan Sarabia.

Baca Juga: Tembus Seminal Euro 2020, Inggris Bertekad Akhiri Kutukan

Alvaro Morata kemungkinan tetap memerankan nomor 9 yang akan meneror dua rekannya di Juventus, Bonucci, dan Chiellini.

Pertemuan paling membekas di antara mereka adalah final Euro 2012. Kedua negara sempat seri 1-1 dalam fase grup edisi ini, namun dalam final, Italia diberondong empat gol ciptaan David Silva, Jordi Alba, Fernando Torres dan Juan Mata.

Dua pemain Italia, Leonardo Bonucci dan Giorgio Chiellini, turut bermain dalam laga yang berakhir sangat menyakitkan bagi Azzurri ini.

Baca Juga: Positif Covid-19 dan Harus Isolasi Mandiri, Begini Cara Isoman yang Benar

 



Perkiraan Susunan Pemain:

Italia: Donnarumma; Di Lorenzo, Bonucci, Chiellini, Emerson; Barella, Jorginho, Verratti; Chiesa, Immobile, Insigne.

Pelatih: Roberto Mancini (Italia)

Spanyol: Simon; Azpilicueta, Laporte, Torres, Alba; Koke, Busquets, Pedri; Torres, Morata, Olmo.

Pelatih: Luis Enrique (Spanyol)

 

5 Pertemuan Terakhir Italia vs Spanyol:

03-09-2017 Spanyol 3-0 Italia (Kualifikasi Piala Dunia 2018)

07-10-2016 Italia 1-1 Spanyol (Kualifikasi Piala Dunia 2018)

27-06-2016 Italia 2-0 Spanyol (Euro 2016)

25-03-2016 Italia 1-1 Spanyol (Uji Coba / Persahabatan)



06-03-2014 Spanyol 1-0 Italia (Uji Coba / Persahabatan)





Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya