SOLOPOS.COM - Ilustrasi panorama Kota Semarang. (JIBI/Bisnis.com/Dok.)

Prestasi kembali membuat bangga warga Kota Semarang dengan diraihnya kategori Indonesia’s Attractiveness Award 2017.

Semarangpos.com, SEMARANG — Kota Semarang menyabet penghargaan Indonesia’s Attractiveness Award 2017 untuk tiga kategori, yakni kota terbaik, kota terbaik untuk infrastruktur, dan kota terbaik untuk investasi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi di Kota Semarang, Sabtu (30/9/2017), mengatakan penghargaan Indonesia’s Attractiveness Award 2017 terasa spesial karena Kota Semarang mengalami perbaikan peringkat dibandingkan sebelumnya. “Tahun lalu, saya masih ingat Kota Semarang ada di peringkat ke-4, dan tahun ini telah naik menjadi terbaik ke-3. Tentu saja, kami sangat bahagia,” kata orang nomor satu di Kota Semarang tersebut.

Penyerahan penghargaan ajang yang digelar Tempo Group itu dilakukan di Jakarta, Jumat (29/9) malam, yang diterima oleh Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu mewakili wali kota. Di masa kepemimpinan Hendi—sapaan akrab Hendrar Prihadi—Kota Semarang terus mencatatkan prestasi, terakhir perolehan penghargaan SIP Planning Award yang digelar di Singapura, 21 September lalu. Kala itu, Kota Semarang meraih penghargaan untuk kategori Best Design, terkait desain Pasar Johar.

Hendi mengharapkan penghargaan demi penghargaan yang diraih Kota Semarang beberapa tahun ini bisa menjadi pemacu bagi seluruh masyarakat untuk berpartisipasi agar kotanya lebih baik dan lebih hebat lagi. Apalagi, kata politikus PDI Perjuangan itu, ada tiga penghargaan yang disabet sekaligus karena selama lima tahun terakhir Kota Semarang terus menunjukkan progress yang luar biasa, termasuk investasi.

Pada 2012, kata dia, nilai investasi di Kota Semarang bisa berlipat ganda hingga tiga kali lipat lebih, dari R3,675 triliun menjadi Rp10,5 triliun pada 2016 sehingga geliat ekonomi terus berkembang pesat. Begitu pula dengan produk domestik regional bruto, lanjut dia, semula di angka Rp86 triliun pada 2011 meningkat dua kali lipat menjadi Rp115 triliun pada 2016 yang menunjukkan peningkatan signifikan.

Sementara itu, Kepala Bagian Humas Sekretariat Daerah Kota Semarang Achyani menambahkan penilaian untuk Indonesia’s Attractiveness Award dilakukan terhadap kabupaten dan kota yang lolos nominasi dengan tiga indikator. Kemudian, kata dia, kabupaten dan kota yang tidak lolos pada indikator kedua dan ketiga, tetapi mendapatkan penghargaan Indonesia’s Attractiveness Award 2016.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya