SOLOPOS.COM - Ilustrasi sapi (JIBI/Solopos/Dok)

Prestasi daerah Desa Dukuhtengah, Kecamatan Margasari berhasil merebut gelar Juara II dalam Lomba Desa Ternak Sehat tingkat Provinsi.

Kanalsemarang.com, TEGAL-Desa Dukuhtengah, Kecamatan Margasari yang berhasil meraih juara II tingkat Provinsi Jawa Tengah dalam Lomba Desa Ternak Sehat belum lama ini.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala DKPP Kabupaten Tegal, Ir Toto Subandriyo MM. mengatakan Desa Dukuhtengah merupakan desa ternak binaan Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan (DKPP) Tegal. Berbagai program dan kegiatan telah difasilitasi oleh DKPP antara lain bantuan pengembangan sapi, instalasi Biogas, serta pelayanan IB serta kesehatan hewan.

Ekspedisi Mudik 2024

“Trofi, sertifikat penghargaan dan uang pembinaan telah diserahkan oleh Wakil Gubernur Jawa Tengah, Drs. Heru Sudjatmoko pada acara puncak Peringatan Hari Pangan Sedunia tahun 2015 di Desa Kebarongan, Kecamatan Kemranjen, Kabupaten Banyumas, Rabu [25/11/2015] lalu,” ujar Toto seperti dikutip dari tegalkab.go.id, Jumat (27/11/2015).

Menurutnya keberhasilan ini merupakan hasil kerja keras semua pihak dalam pembangunan peternakan yakni para peternak, pemerintah desa, petugas peternakan dan stakeholder lainnya. “Untuk itu prestasi ini diharapkan bisa dipertahankan dan lebih ditingkatkan,” harapnya.

Dia mengemukakan Lomba Desa Ternak Sehat bertujuan untuk menumbuhkan dan mendorong semangat, kreativitas, dan partisipasi masyarakat untuk mengambil peran lebih besar dalam upaya mewujudkan desa sehat dengan memanfaatkan potensi peternakan yang ada.

“Sedangkan sasarannya yaitu meningkatnya motivasi peternak, petugas dan aparat desa untuk bersama-sama meningkatkan kualitas usaha ternaknya dengan memperhatikan prinsip-prinsip budidaya ternak dan terwujudnya lingkungan desa ternak yang sehat, rapih, bebas dari penyakit hewan strategis,” paparnya.

Terkait penilaian, jelas Toto, menyangkut beberapa aspek di antaranya desa peserta lomba adalah kawasan padat ternak kambing/domba/sapi potong/sapi perah/kerbau; kandang terpisah dari rumah dengan kondisi kandang bersih, nyaman, baik dan sehat bagi ternak maupun peternak; terdapat tempat penampungan kotoran di sekitar kandang, sarana kebersihan kandang dan pengolahan limbah ternak; tidak terjangkit penyakit hewan menular strategis.

“Aspek lainnya yakni kelembagaan kelompok dan usaha agribisnisnya serta terdapat dukungan teknis lainnya seperti Inseminasi Buatan (IB), pelayanan kesehatan hewan serta fasilitas-fasilitan lainnya,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya