SOLOPOS.COM - Pertemuan Presiden Jokowi dan Presiden Timor Leste Jos Ramos Horta, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, membahas banyak topik hingga berujung pada kesepakatan sejumlah kerja sama. (Sekretariat Presiden/ Lukas)

Solopos.com, JAKARTA – Presiden Timor Leste Jose Ramos Horta mengaku sebagai penggemar berat Presiden pertama RI, Sukarno.

Ramos Horta menjadi pembaca setia tulisan-tulisan ayah dari Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri itu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Beberapa buku yang saya baca merupakan tulisan Bung Karno. Saya merupakan fans berat Bung Karno,” ujar Ramos Horta saat berkunjung ke Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, sebagaimana diunggah di kanal Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (19/7/2022).

Di Istana Bogor Ramos Horta ditemui Presiden Joko Widodo (Jokowi). Di hadapan Presiden Jokowi ia mengungkapkan kenangannya saat dulu berkunjung ke Jakarta puluhan tahun silam.

Baca Juga: Solo, Sala, Surakarta, Bung Karno Pilih Sala

“Suatu kehormatan bisa berkunjung ke Indonesia di masa pemerintahan Presiden Jokowi. Saya sudah sering ke Indonesia untuk beberapa keperluan, kegiatan. Pertama kali, saya ke sini pada 1974. saat itu saya ketemu Pak Malik (Wakil Presiden Adam Malik),” ujarnya seperti dikutip Solopos.com, Selasa.

Saat berkunjung pada 1970-an, dirinya berkeliling Jakarta menggunakan becak.

Dengan kendaraan kayuh roda tiga itu, Jose melihat tiga hotel besar di Indonesia, yaitu Hotel Indonesia, Kartika Plaza, dan Kartika Chandra.

Baca Juga: Idul Adha 1962, Presiden Sukarno Ditembak dari Jarak Dekat

Dengan bercanda dirinya mengatakan tidak menginap di tiga hotel besar tersebut.

“Kadang-kadang saya di Jakarta muter-muter pakai becak. Dan saya tahu Gubernur El Tari, kita adalah teman baik. Saat itu, hanya ada dua hotel besar di Indonesia. Eh, tiga. HI , Kartika Plaza, dan Kartika Chandra. Saya tidak menginap di hotel-hotel itu, saya di losmen,” ujarnya sambil tertawa.

Baca Juga: Kemiskinan Ekstrem Jadi PR Berat Ramos-Horta Pimpin Timor Leste

Dalam pernyataan pers bersama Presiden Jokowi, Jose menyampaikan keinginannya agar Timor Leste menjadi anggota Asean pada 2023.

“Saya sangat senang Indonesia tetap sangat komitmen tentang keanggotaan Timor Leste di Asean,” ujarnya.

Jose yakin Timor Leste bakal menjadi anggota Asean yang produktif. Dia juga menyampaikan terima kasih kepada Indonesia yang telah membantu pembangunan Timor Leste.

Baca Juga: Ramos Horta Resmi Jadi Presiden ke-5 Timor Leste, Ini Foto Pelantikan

Dia ingin meningkatkan hubungan perdagangan Indonesia dan Timor Leste.

“Kami sangat senang dengan dukungan Indonesia di banyak hal dalam pembangunan Timor Leste, termasuk di bidang pendidikan dan sumber daya manusia Timor Leste,” ujar Jose.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya