SOLOPOS.COM - Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo. (Solopos.com-Humas Pemprov Jateng)

Solopos.com, SOLO — Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mengatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng telah memiliki unit kendaraan listrik sebelum Presiden Joko Widodo (Jokowi) menandatangani Instruksi Presiden (Inpres) No 7/2022, Rabu (13/9/2022).

Inpres itu mengatur Penggunaan Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai Sebagai Kendaraan Dinas Operasional dan/atau Kendaraan Perorangan Dinas Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah. Presiden  meminta semua pihak segera mempercepat penggunaan kendaraan listrik.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjelaskan telah membeli satu mobil listrik. Mobil itu dikelola Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jateng untuk kendaraan contoh.

“Baru satu sih di ESDM buat contoh tapi ini [Inpres No 7/2022] butuh penganggaran kalau Pemda. Maka sebenarnya kami siapkan di 2023 tapi kami ngobrol juga dengan DPRD,” kata Ganjar di sela-sela kegiatannya Solo, Jumat (16/9/2022).

Menurut Ganjar Pranowo, kebijakan Presiden mengenai penggunaan kendaraan listrik untuk operasional dinas itu sangat penting di tengah kondisi kebutuhan energi fosil yang sangat besar di Indonesia. Pemerintah perlu melakukan percepatan transisi energi.

Baca Juga: Diresmikan Ganjar Pranowo di Solo, Koperasi Ini Beranggotakan Istri Eks Napiter

“Kalau saya dukung penuh. Tinggal caranya apakah dengan beli, leasing, caranya banyak,” jelasnya. Dia mengatakan ketika sudah ada kebijakan percepatan penggunaan kendaraan listrik, maka infrastruktur penunjang segera disiapkan.

Transformasi Energi

Mengutip laman resmi Pemprov Jateng, Gubernur Jawa Tengah memulai penggunaan mobil listrik di lingkungan Pemprov yang ditandai dengan launching mobil listrik milik Dinas ESDM Jateng di Desa Krendowahono, Kecamatan Gondangrejo, Karanganyar, Kamis (25/8/2022).

“Hari ini kami juga mau mendorong penggunaan mobil listrik. Jadi ini semangat bagaimana betul-betul transformasi energi kita mulai, meski masih timik-timik, masih pelan-pelan. Tapi sekarang harus kita segera mulai,” kata Ganjar saat itu seperti dikutip laman tersebut.

Baca Juga: Kendaraan Dinas Pemerintah Pakai Mobil Listrik, Ini Kata Gubernur Ganjar

Penggunaan kendaraan listrik tersebut, menurut Ganjar Pranowo, sebagai upaya mendorong transformasi energi, sekaligus bentuk keseriusan Pemprov Jateng mendukung kebijakan pemerintah pusat.

“Agar kami betul-betul nanti bendera start dikibarkan, sumber daya teknologi sudah ada, tinggal diaplikasikan. Sebenarnya spirit kami itu,” tuturnya.

“Tahun ini Dinas ESDM mulai dulu. Nanti ada rencana dari dinas-dinas mau gunakan mobil listrik. Nanti kita tinggal cari partnernya, siapa pabriknya. Kalau pemerintah yang melakukan saya kira transformasinya akan lebih cepat lagi,” tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya