SOLOPOS.COM - Mahfud Md

Solopos.com, JAKARTA — Kabar tentang siapa pengganti Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Tjahjo Kumolo, masih menjadi pembahasan masyarakat.

Terkini, Presiden Jokowi mengambil keputusan perihal siapa pengganti Menpan RB, Tjahjo Kumolo. Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara, Faldo Maldini, mengatakan Presiden Joko Widodo menunjuk Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD, sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Menteri PAN RB.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Posisi [pengganti] Men PAN RB [Tjahjo Kumolo] dijabat oleh Plt Bapak Mahfud yang ditunjuk untuk mengisi jabatan tersebut sembari masih menunggu prosesnya untuk pengganti,” kata Faldo kepada wartawan di Jakarta, Jumat (15/7/2022).

Berdasarkan surat Menteri Sekretariat Negara No.B-596/M/D-3/AN.00.03/07/2022 yang ditandatangani Menteri Sekretaris Negara Pratikno tertanggal 4 Juli 2022, Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian, menjabat Menteri PAN RB ad interim pada 4 Juli sampai 15 Juli 2022.

Namun hingga pada Jumat (15/7/2022), Presiden Jokowi belum menunjuk pengganti Men PAN RB yang ditinggalkan Tjahjo Kumolo. “Fungsi pemerintahan masih berjalan dengan baik. Kami kira kehadiran Plt Pak Menko Mahfud dapat memastikan berjalannya administrasi dengan lebih optimal,” ungkap Faldo.

Baca Juga : Ganjar Jadi Pengganti Tjahjo Kumolo? Ini Keputusan Presiden Joko Widodo

Faldo tidak menyebutkan kapan Presiden Jokowi akan menunjuk pengganti Men PAN RB definitif atau pengganti Tjahjo Kumolo.

“Kita tentu semua berharap penunjukan ini akan menjaga performa dan capaian dari kementerian dalam beberapa waktu ke depan. Proses seperti ini biasa, tentu tidak bisa mengambil keputusan yang reaktif. Paling penting itu substansinya semua terlaksana dengan baik,” tambah Faldo.

Sebelum Mendagri Tito Karnavian, Mahfud MD juga pernah ditunjuk sebagai pengganti Men PAN RB Tjahjo Kumolo, yakni Men PAN RB ad-interim.

Diberitakan sebelumnya, Men PAN RB, Tjahjo Kumolo, meninggal dunia di RS Abdi Waluyo, Jakarta Pusat pada Jumat pekan lalu setelah mendapatkan perawatan intensif selama 13 hari. Jenazah almarhum dimakamkan secara militer di Taman Makam Pahlawan Kalibata pada Jumat (1/7/2022) sore.

Baca Juga : Jokowi Kantongi Nama Pengganti Tjahjo Kumolo, Kapan Diumumkan?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya