SOLOPOS.COM - Tangkapan layar Bendungan Tugu di Trenggalek, Provinsi Jawa Timur yang diresmikan Presiden Jokowi pada Selasa (30/11/2021). (Istimewa/YouTube Sekretariat Presiden)

Solopos.com, BOJONEGORO — Presiden Joko Widodo akrab disapa Jokowi meresmikan dua bendungan di Provinsi Jawa Timur (Jatim) dengan kapasitas total 34 juta meter kubik dan dapat mengairi 7.450 hektare (ha) sawah.

Sebanyak dua bendungan di Provinsi Jawa Timur itu, yakni Bendungan Gongseng di Bojonegoro dan Bendungan Tugu di Trenggalek. Persemian dilakukan pada Selasa (30/11/2021).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga : Berkalung Al-Qur’an, Panglima TNI Kebal Diberondong Peluru

Presiden Jokowi menyebut dua bendungan di Jawa Timur (Jatim) itu akan dimanfaatkan untuk mendukung ketahanan pangan nasional. “Alhamdulillah mendapatkan tambahan dua bendungan besar di Provinsi Jatim, yakni Gongseng di Bojonegoro dan Tugu di Trenggalek. Keduanya siap untuk dimanfaatkan dalam rangka ketahanan pangan,” kata Presiden Jokowi saat peresmian sebagaimana dilansir dari akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa.

Presiden membacakan sekelumit data perihal dua bendungan tersebut. Bendungan Tugu dibiayai Rp1,69 triliun. Kapasitas tampung Bendungan tugu 12 juta meter kubik (m3) dan mampu memberikan manfaat irigasi seluas 1.250 hektare (ha).

Baca Juga : Penipuan Modus Gendam di Semarang Diungkap, Korban Rugi Rp3 Miliar

Selain Bendungan Tugu, Presiden Jokowi juga membacakan data perihal Bendungan Gongseng. Daya tampung Bendungan Gongseng hingga 22 juta meter kubik (m3). Bendungan tersebut dapat mengairi 6.200 ha lahan pertanian. Total 7.450 ha lahan pertanian di Bojonegoro dan Trenggalek dapat memanfaatkan air dari dua bendungan itu.

Jokowi berharap penambahan dua bendungan kapasitas besar di Jawa Timur dapat meningkatkan aktivitas pertanian. “Diharapkan tambahan dua bendungan ini maka aktivitas pertanian masyarakat meningkat. Petani produktif, lebih sering tanam dan panen. Jadi pendapatan meningkat.”

Sebelumnya, dilansir Liputan6.com, Presiden Jokowi menargetkan sepuluh bendungan dapat segera diresmikan dalam waktu dekat. Sebanyak sepuluh bendungan itu bagian dari 17 bendungan yang pembangunannya ditargetkan rampung tahun ini.

Baca Juga : Melihat Kesiapan Tes Ulang PCR Covid-19 di Bandara Soetta

Sepuluh bendungan tersebut Bendungan Paselloreng dan Bendungan Karalloe di Sulawesi Selatan, Bendungan Ladongi di Sulawesi Tenggara, Bendungan Bintang Bano di Nusa Tenggara Barat (NTB), Bendungan Ciawi dan Bendungan Sukamahi di Jawa Barat.

Selain itu, Bendungan Tugu dan Bendungan Gongseng di Jawa Timur, Bandungan Pidekso di Jawa Tengah, dan Bendungan Margatiga di Lampung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya