SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana. (Akhirul Anwar/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA — Tembakan meriam sebanyak 21 kali dan gema senandung nyanyian lagu kebangsaan Indonesia Raya yang dinyanyikan oleh puluhan ribu warga menyambut kedatangan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) di halaman depan Istana Merdeka, Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Senin (20/10/2014).

Secara serentak tanpa dikomando, puluhan ribu masyarakat yang menyemut di depan halaman Istana Merdeka langsung ikut bernyanyi begitu Aubade dari Pasukan Pengamanan Presiden memainkan lagu Indonesia Raya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Di depan podium di tangga Istana Merdeka, Presiden Joko Widodo berdiri menghormat menghadap ke arah ribuan pasukan dan puluhan ribu warga didampingi oleh mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Sore ini, Jokowi yang pada pagi hari dilantik di Kompleks Gedung DPR/MPR RI di Senayan, tiba di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta dengan menggunakan andong. Ia didampingi oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Ibu Wapres Mufidah Jusuf Kalla.

Tiba di pagar pintu depan Istana, Jokowi dan rombongan turun dari andong dan melanjutkan berjalan kaki sekitar hampir 100 meter ke dalam gedung Istana Merdeka. Di hadapan puluhan ribu rakyat, Jokowi dan SBY melakukan Upacara Militer Penyambutan Presiden ke-7 RI dan Pelepasan Presiden ke-6 RI. Setelah menyanyikan lagu Indonesia Raya, Jokowi menerima laporan Komandan Upacara.

Selanjutnya, dengan didampingi SBY, Jokowi berjalan meninggalkan podium untuk memeriksa pasukan. Tak lama kemudian, upacara selesai dan Jokowi yang diikuti oleh SBY kembali ke dalam Gedung Istana Merdeka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya