SOLOPOS.COM - Presiden Jokowi dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, beberapa waktu lalu. (Antara)

Solopos.com, SOLO — Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono merupakan salah satu menteri yang kerap mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi). Ternyata Jokowi dan Basuki punya beberapa kesamaan.

Berikut beberapa kesamaan Jokowi dan Basuki Hadimuljono yang dihimpun Solopos.com dari berbagai sumber, beberapa waktu lalu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Asal Solo

Jokowi yang orang tuanya berasal dari Boyolali lahir di Solo pada 21 Juni 1961. Jokowi dibesarkan dari keluarga sederhana. Bahkan dia mengalami beberapa kali pindah rumah karena tempat tinggalnya digusur.

Karier politik Jokowi dimulai dari 2005 saat maju sebagai calon wali kota Solo berpasangan dengan F.X. Hadi Rudyatmo. Pasangan Jokowi-Rudy ini memenangi Pilkada Solo pada 2005 dan 2010. Pada 2012, Jokowi menjadi Gubernur DKI Jakarta dan kemudian menjadi Presiden 2014-2019 dan 2019-2024.

Baca Juga: Tenang Kalau Ini Bukan Prank Kok! Sultan dari Riau Sumbang Rp1 Triliun Lebih untuk Indonesia

Basuki Hadimuljono juga berasal dari Solo. Dia lahir di Solo pada 5 November 1954. Selama menjadi menteri Jokowi, Basuki dikenal sebagai menteri yang paling bekerja keras. Inilah kesamaan Jokowi dan Basuki Hadimuljono. Dalam survei beberapa waktu lalu, tentang tingkat kepuasan publik, Basuki kerap muncul di peringkat atas.

Lulusan UGM

Presiden Jokowi menempuh pendidikan sarjana di Fakultas Kehutanan UGM Yogyakarta. Selama kuliah di UGM, Jokowi aktif menjadi mahasiswa pencinta alam (mapala). Setelah lulus, Jokowi kemudian bekerja di Aceh sebelum akhirnya menekuni usaha mebel.

Pada 1988, Jokowi memulai usaha mebel dengan membawa nama CV Rakabu, yang diambil dari nama anak pertamanya. Setelah mengalami pasang surut usaha, perusahaan yang dipimpin Jokowi mulai berkibar hingga menembus pasar internasional.

Ini juga menjadi kesamaan Jokowi dengan Basuki Hadimuljono karena Menteri PUPR juga merupakan jebolan UGM Yogyakarta. Dia menempuh pendidikan di Teknik Geologi UGM Yogyakarta. Setelah lulus, Basuki memulai kariernya di Kementerian PUPR sebagai pegawai negeri.

Beberapa tahun kemudian ia memperoleh beasiswa dari institusi tempatnya bekerja untuk melanjutkan studinya. Pada 1989 berangkatlah Basuki ke Amerika dan memperoleh gelar master dan doktor di bidang Teknik Sipil (Civil Engineering) dari Colorado State University.

Baca Juga: 2 Guru asal Indonesia Jadi Wasit Olimpiade Tokyo, Salah Satunya Guru SMP Gunungkidul

Kembali ke Indonesia, ia melanjutkan bekerja di Kementerian PUPR. Selama hampir 40 tahun berkiprah di Kementerian PUPR, Basuki Hadimuljono telah tiga kali menjabat sebagai pejabat eselon I, sebelum kemudian ditunjuk menjadi menteri pada Kabinet Kerja dan kini di Kabinet Indonesia Maju.

Musik Rock

Sudah menjadi rahasia umum, Jokowi merupakan penggemar musik metal. Jokowi menyukai musik cadas sejak masih muda. Beberapa band yang disukai Jokowi seperti Metallica, Napalm Death hingga Judast Priest.

Saat Metallica manggung di Gelora Bung Karno (GBK) pada 2013 lalu, Jokowi menyempatkan diri untuk menonton konser mereka secara langsung.

Personel Mentallica pun girang hingga basis Robert Trujillo memberikan sebuah gitar. Lantas drumer Lars Ulrich juga menghadiahi Jokowi box set Metallica.

Baca Juga: Ini 10 UIN dan IAIN Terbaik Versi Webometrics

Basuki Hadimuljono juga merupakan penggemar musik rock. Di band jajaran menteri Kabinet Kerja, Basuki punya peran sebagai drumer. Band yang diberi nama Elek Yo Band ini kadang memainkan musik rock.

Setelah Elek Yo Band, Basuki bahkan ingin ada band baru di Kabinet Indonesia Maju. Bahkan, saat Basuki Hadimuljono menghadap Jokowi saat pengenalan menteri, pertemuan keduanya diiringi lagu Metallica. Itulah kesamaan berikutnya Jokowi dan Basuki Hadimuljono.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya