SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (YouTube Setpres)

Solopos.com, SOLO-Presiden Joko Widodo menghadiri Malam Anugerah Piala Citra Festival Film Indonesia 2021 (FFI 2021) yang digelar di Jakarta Convention Center pada Rabu (10/11/2021) malam.  Pada awal acara, Presiden Jokowi sempat berjalan sambil didampingi oleh Reza Rahadian selaku ketua Komite FFI 2021.

Acara Festival Film Indonesia 2021 dibuka dengan penampilan gerak tari dari EKI Dance Company, yang disusul dengan penampilan para duta FFI 2021 yaitu Prilly Latuconsina, Jefri Nichol, Angga Yunanda dan Tissa Biani. Reza Rahadian kemudian melanjutkannya dengan menyampaikan kata sambutan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Alhamdulillah saya bisa hadir di acara ini. Saya haturkan terima kasih kepada Presiden Jokowi, kepada Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim, serta para menteri Kabinet Indonesia Maju, selamat malam,” ujar Reza Rahadian membuka pernyataan seperti ditayangkan melalui kanal YouTube Kemendikbud RI berjudul Malam Anugerah Piala Citra Festival Film Indonesia 2021 yang disiarkan secara live pada Rabu (10/11/2021) malam.

Baca Juga:  Sebelum Meninggal Dunia, Vanessa Angel Sempat Rekaman Lagu Goodbye

Reza Rahadian kemudian menyorot bahwa penghargaan tahun ini yang bertepatan dengan Hari Pahlawan, patut memberi sorotan kepada pahlawan film Indonesia, Bapak Haji Usmar Ismail.

Anugerah Piala Citra FFI 2021 dimulai pada pukul 19.30 WIB. Pada penghargaan kali ini, masyarakat ikut aktif dalam memilih terkait dengan tema media baru. Tiga kategori yakni Film Favorit, Aktor Favorit, dan Aktris Favorit, pemenangnya dipilih melalui media sosial.

Beredar kabar bahwa pemilihan tanggal 10 November sebagai puncak Malam Anugerah Piala Citra Festival Film Indonesia 2021 bukan tanpa alasan. Lewat tanggal ini, FFI 2021 hendak mengingatkan bahwa para pekerja seni yang konsisten menghasilkan karya berkelas sejatinya juga pahlawan.

Baca Juga: Sopir Vanessa Angel Tersangka, Penyebab Kecelakaan Masih Misteri

“Sangat, sangat setuju [bahwa para pekerja seni yang mengharumkan nama Indonesia di festival film luar negeri layak disebut pahlawan kesenian],” kata Duta FFI 2021, Angga Yunanda seperti dikutip dari Liputan6.com, Selasa (19/10/2021).

“Bukan tanpa alasan sebenarnya Anugerah Piala Citra tahun ini mengambil waktu di tanggal 10 November karena bertepatan dengan Hari Pahlawan,” bintang film Dua Garis Biru itu.

Lewat malam puncak 10 November, para insan layar lebar hendak menyuarakan kepada Pemerintah Indonesia agar Bapak Perfilman Nasional Usmar Ismail mendapat gelar Pahlawan Nasional. “Sebenarnya ini sekaligus menjadi momentum kami pekerja film untuk mengusulkan Bapak Perfilman Nasional, yakni Usmar Ismail sebagai Pahlawan Nasional,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya