SOLOPOS.COM - Para pemain Italia menjalani latihan di Salvador De Bahia, Sabtu (29/6/2013) waktu setempat. Italia akan menghadapi uruguay dalam perebutan tempat ketiga di Arena Fonte Nova, Salvador, Minggu (30/5/2013) malam WIB. JIBI/SOLOPOS/Reuters

Para pemain Italia menjalani latihan di Salvador De Bahia, Sabtu (29/6/2013) waktu setempat. Italia akan menghadapi uruguay dalam perebutan tempat ketiga di Arena Fonte Nova, Salvador, Minggu (30/5/2013) malam WIB. JIBI/SOLOPOS/Reuters

SALVADOR –Pertarungan pasukan sakit hati akan tersaji di Arena Fonte Nova, Salvador, Minggu (30/6/2013) tengah malam WIB. Dua tim yang gagal ke final Piala Konfederasi 2013, Uruguay dan Italia, akan saling jegal demi memperebutkan status juara ketiga.

Menghadapi Uruguay, Italia tengah dilanda krisis pemain. Meski demikian, itu bukan alasan bagi Italia untuk tak mempertahankan gengsinya dan merelakan title juara tiga pada La Celeste, julukan Uruguay.

Italia bukanlah tim semenjana. La Nazionale memiliki daya juang tinggi.

Hal ini dibuktikan Italia pada laga sebelumnya. Minus penyerang andalnya, Mario Balotelli, Italia justru mampu mendikte permainan juara Eropa dan dunia, Spanyol, di awal laga semifinal, Jumat (28/6/2013). Meski demikian, Italia harus kembali menelan kekalahan dari Spanyol setelah takluk dalam adu penalti yang berjalan ketat dan penuh ketegangan.

Karenanya wajar jika beberapa situs bola terpercaya, seperti Goal.com maupun Soccerway.com, masih menaruh kepercayaan pada Italia. Mayoritas pembaca kedua situs ini pun menjagokan Italia menang dengan skor tipis 2-1.

Menghadapi Uruguay, Italia dipastikan akan tampil minus beberapa pemain pilarnya. Selain  Mario Balotelli dan Ignazio Abate, yang sudah dipastikan absen menyusul telah dipulangkan ke Italia akibat cedera, skuat yang tak bisa dimainkan Italia pun bertambah, seiring cedera yang membekap Andrea Pirlo, Andrea Barzagli dan Claudio Marchisio.

Daftar cedera ini pun masih ada kemungkinan bertambah. Kabar terbaru mengatakan Giorgio Chielini, Daniele De Rossi dan Alberto Gilardino, masih diragukan.

Hal ini membuat pelatih Cesare Prandelli kemungkinan akan melakukan rotasi pemain. Beberapa pemain yang semula tak pernah diturunkan sebagai starter, seperti Stephan El Shaarawy, kemungkinan akan menjadi andalan lini depan Gli Azzuri.

“Saat ini kami sedang kesulitan dan beberapa pemain belum sepenuhnya pulih. Kami jelas perlu memberikan mereka uji kebugaran untuk mengetahui apakah mereka bisa tampil,” kata Prandelli di Football Italia.

“Beberapa pemain kami juga berada di ambang cedera seperti Daniele De Rossi, Giorgio Chiellini, dan Alberto Gilardino,” jelasnya.

“Namun para pemain yang belum mendapatkan banyak waktu bermain bisa mendapatkan kesempatan untuk menunjukkan apa yang bisa mereka lakukan. Keberadaan mereka akan menambah determinasi dan rasa lapar tim,” ujar Prandelli.

Meski akan tampil dengan sejumlah pemain lapis dua, Italia tak bisa dianggap sebelah mata. Italia bukanlah tim semenjana, yang para pemainnya tak memiliki kualitas dan kurang jam terbang.

Apalagi di Piala Konfederasi kali ini, Italia seakan ingin menebusnya kesalahannya pada event yang sama sebelumnya. Pada debutnya di Piala Konfederasi empat tahun silam, Italia gagal bersinar dan tersingkir di fase grup. Jadi gelar juara tiga, rasanya sudah cukup membuat Italia bisa tersenyum girang.

“Perebutan tempat ketiga tak terlihat mudah sama sekali. Kami semua telah memberikan banyak sekali dari diri kami selama kompetisi. Meski begitu, kami akan melakoni pertandingan melawan Uruguay dengan sangat serius. Kami berharap finish di kompetisi ini lebih tinggi,” ujar pemain sayap Italia, Emanuele Giaccherini, di fifa.com.

Di sisi Urugay, pelatih Oscar Tabarez tahu betul kekuatan calon lawannya. Pelatih berjuluk El Maestro ini pernah meniti kariernya di Cagliari dan AC Milan. Karenanya, ia pun tak akan menganggap Italia, meski tampil minus beberapa bintangnya.

Terlebih Tabarez sepertinya belum terlalu puas dengan kinerja Diego Lugano Cs. Meski memiliki karakter menyerang yang cukup solid, namun La Celeste terbukti sedikit timpang di lini belakang. Terbukti pada babak sebelumnya, kekalahan atas Brazil diderita Uruguay akibat kecolongan gol Paulinho di masa-masa akhir pertandingan.

Namun, layaknya Italia, Uruguay juga berhasrat meraih pencapaian lebih baik di Piala Konfederasi. Pasalnya pada penampilan sebelumnya di Piala Konfederasi, pada 1997, Uruguay hanya mampu meraih urutan keempat.

“Kami harus menjadi kompetitif lagi melawan tim-tim besar. Skuat ini mulai banyak mendapat pengalaman. Kami sekarang perlu menempatkan kekecewaan tereliminasi [di semifinal] di belakang kami dalam bentuk terbaik untuk mendapatkan tempat ketiga,” ujar pelatih Uruguay, Oscar Tabarez.

Head-To-Head

Ujicoba Antarnegara      16 Nov 2011        Italia 0 – Uruguay 1          

Lima Pertandingan Terakhir

Uruguay

27 Jun 2013         Brasil 2 – Uruguay 1

24 Jun 2013         Uruguay 8 – Tahiti 0

21 Jun 2013         Nigeria 1 – Uruguay 2

17 Jun 2013         Spanyol 2 – Uruguay 1

12 Jun 2013         Venezuela 0 – Uruguay 1

Italia



28 Jun 2013         Spanyol 0 – Italia 0

23 Jun 2013         Italia 2 – Brasil 4

20 Jun 2013         Italia 4 – Jepang 3

17 Jun 2013         Meksiko 1 – Italia 2

12 Jun 2013         Italia 2 – Haiti 2

Prakiraan Susunan Pemain

Uruguay (4-3-3)

F Muslera (Gk); D Lugano, M Pereira, M Cáceres, D Godín; C Rodríguez, Á González, E Arévalo; L Suárez, D Forlán, E Cavani

Italia (3-4-2-1)



G Buffon (Gk); A Barzagli, L Bonucci, G Chiellini; D De Rossi, R Montolivo, C. Maggio,  E Giaccherini, A Aquilani, A Candreva; A Gilardino

Prediksi Goal.com

Uruguay 1-2 Italia             25.93 %

Uruguay 2-1 Italia             13.74 %

Uruguay 1-3 Italia             10.59 %

Prediksi Soccerway.com

Uruguay 1-2 Italia             21.43%

Uruguay 2-1 Italia             11.18%

Uruguay 1-3 Italia             8.07%



Prediksi Solopos.com

Menghadapi Uruguay bukanlah pekerjaan mudah bagi Italia. Hal ini diakui oleh Cesare Prandelli, sang allenatore Italia.

“Kami segan dan menghormati semangat Uruguay. Saya telah melatih banyak pemain Uruguay dan saya tahu apa yang mereka rasakan ketika mereka mengenakan seragam tim nasional,” kata Prandelli seperti dikutip Football Italia dari Detik.com.

“Tim Uruguay ini memiliki karakter yang hebat dan juga kualitas. Mereka punya kekuatan menyerang dengan kemampuan luar biasa dan secara taktik, ini adalah sebuah pertandingan berat yang harus kami persiapkan.”

Terlebih kondisi tim Italia saat ini sedang dalam keadaan krisisi. Rentetan cedera pemain bintang melanda skuat Gli Azzuri.

Akibatnya, kemungkina Gli Azzuri akan tampil dengan beberapa lapis duanya. Kondisi ini membuat Italia kemungkinan tak akan tampil sepadu saat melawan Spanyol.

Karena Solopos.com memprediksi kemungkinan Italia akan kembali menelan kekalahan di laga kontra Uruguay ini. Prediksi Solopos.com, Italia kalah tipis dengan skor 2-3.  



Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya