SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Prediksi dan susunan Spanyol vs Slovakia dalam babak kualifikasi Grup C Euro 2016 berroma Liga Premier.

Solopos.com, OVIEDO— Tren pemain Spanyol yang hijrah ke Liga Premier Inggris semakin tak terbendung. Hal itu membuat komposisi skuat Tim Matador, julukan  Timnas Spanyol, kian disesaki para pemain yang merumput di liga terpopuler di dunia tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Aroma kental Liga Premier di Tim Matador bisa dibuktikan ketika mereka menjamu Slovakia pada laga Grup C Kualifikasi Euro 2016 di Estadio Nuevo Carlos Tartiere, Oviedo, Spanyol, Minggu (6/9/2015) Pukul 01.45 WIB. Pelatih  Tim Matador, Vicente del Bosque, setidaknya memanggil delapan pemain yang musim ini merumput di Inggris.

Pemain Spanyol terbaru yang ikut boyongan ke Liga Premier, yakni Pedro Rodriguez. Jebolan La Masia itu menjadikan klub Inggris, Chelsea, sebagai pelabuhan baru setelah kurang mendapat tempat di skuat utama Barcelona.

Sementara tujuh lainnya, lebih dahulu kerasan bermain di Liga Premier, yakni Diego Costa (Chelsea), Cesc Fabregas (Chelsea), David Silva (Manchester City), Juan Mata (Manchester United), Santi Cazorla (Arsenal), Cesar Azpilicueta (Chelsea),  serta David de Gea (Manchester United).

Para penggawa Liga Premier itu pun akan menjadi tumpuan Spanyol membalaskan dendam atas Slovakia. Di pertemuan pertama Grup C, Spanyol dipermalukan Slovakia 1-2 di Zilina, Oktober 2014. Apabila misi revans itu berjalan sukses, Spanyol yang akan menyamai koleksi poin Slovakia yang bertengger di puncak klasemen Grup C sekaligus membuka kans lolos ke Prancis, host Euro 2016, semakin lebar.

“Kami sadar laga-laga seperti itu adalah kunci. Kami akan melakoni laga berat dan sulit. Kami bermain di kandang dengan dukungan fans yang luar biasa,”jelas Azpilicueta, seperti dilansir soccerway.com, Jumat (4/9/2015).

Namun tidak semua pemain Liga Premier tersebut akan mendapat jaminan tempat dalam starting XI La Furia Roja, julukan lain Timnas Spanyol. Salah satunya, De Gea yang masih hancur lebur setelah proses transfernya dari United ke Real Madrid batal hanya karena persoalan dokumen. Del Bosque kembali menyerahkan posisi portero dalam duel melawan Slovakia kepada Iker Casillas.

Pemain yang  hengkang ke Porto pada musim panas ini harus memperbaiki performa buruknya di pertemuan pertama lalu, agar gawangnya tak lagi mudah dibobol Marek Hamsik dkk.

Berbeda dengan De Gea, Costa kemungkinan besar akan turun sebagai starter. Bomber yang masih memiliki darah Brasil tersebut mendapat beban besar mendongkrak ketajaman serangan Spanyol yang menurun dengan hanya mengoleksi empat gol dalam lima laga terakhir.

Costa sebenarnya tidak begitu tajam ketika mengenakan kostum La Furia Roja dengan hanya mencetak satu gol dalam tujuh penampilannya. Meski demikian, Del Bosque tetap mempertaruhkan nasib lini depan Spanyol pada pundak penyerang Chelsea tersebut.  Namun apabila Costa menemui kebuntuan, dia bisa saja ditarik keluar dan digantikan penyerang Valencia, Paco Alcacer yang mengoleksi empat gol dalam enam laga di kualifikasi.

“Saya merasa berutang kepada pelatih dan rekan-rekan setimku yang telah memberi banyak hal kepadaku. Satu-satunya hal yang menggangguku adalah saya belum kembali panas bersama Timnas Spanyol. Itu keputusan tepat, tentu saja, dan sekarang saya merasa bagus, tidak ada cedera dan ini situasi baru,” ujar Costa yang ingin menebus kepercayaan Del Bosque, seperti dilansir sports.yahoo.com.

 Sementara pertahanan Slovakia terancam keropos. Dua penjaga jantung pertahanan mereka, Martin Skrtel yang terkena sanksi dan Jan Durica yang mengalami cedera dipastikan absen di Oviedo.  Meski demikian, Pelatih Jan Kozak optimistis bisa kembali menjinakkan Tim Matador sekaligus meneruskan sapu bersih dalam enam laga beruntun di Grup C.

“Kami paksa lawan kami melakukan kesalahan dengan tekanan efektif kami. Kami tidak mengizinkan mereka untuk masuk zona sepertiga serangan di babak pertama dan kami sukses menaklukkan mereka,” ungkap Kozak, seperti dikutip uefa.com. (Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos)
 
PREDIKSI SUSUNAN PEMAIN SPANYOL VS SLOVAKIA
Live RCTI, Minggu (6/9) Pukul 01.45 WIB
Stadion: Estadio Nuevo Carlos Tartiere (Oviedo, Spanyol)
Wasit: Damir Skomina (Slovenia)
 
Spanyol (4-3-3) Pelatih: Vicente del Bosque (Spany ol)
Casillas
Azpilicueta, Pique, Ramos, Alba
Cazorla, Busquets, Iniesta
Pedro, Costa, Silva
Cadangan: De Gea, Rico, Bartra, Bernat, Carvajal, Juanfran, Fabregas, Isco, Koke, Mata, Vitolo, Alcacer
 
Slovakia (4-4-1-1) Pelatih: Jan Kozak (Slovakia)
Kozacik
Pekarik, Michalik , Salata, Hubocan
Mak, Stoch, Pecovsky, Weiss
Hamsik
Nemec
Cadangan: Kozacik, Weiss, Hrosovsky, Duda, Holosko, Mucha, Tesak, Michalík, Gregus, Novota, Svento, Duris
 
Tiga Pertemuan Terakhir
10/10/2014         Kualifikasi Euro  Slovakia                2 – 1       Spanyol
17/11/2005         Kualifikasi Piala Dunia     Slovakia                1 – 1       Spanyol
13/11/2005         Kualifikasi Piala Dunia     Spanyol                                5 – 1       Slovakia
 
Sumber: whoscored.com/uefa.com/soccerway.com. (hkt/JIBI)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya