SOLOPOS.COM - Ilustrasi kualifikasi Piala Dunia. (nationalturk.com)

Ilustrasi kualifikasi Piala Dunia. (nationalturk.com)

PRAHA—Timnas Italia tak mau buru-buru memikirkan persaingan di Piala Konfederasi 2013. Tim berjuluk Gli Azzurri itu akan berkonsentrasi penuh terlebih dahulu di lanjutkan Kualifikasi Piala Dunia 2014, Grup B Zona Eropa, melawan Republik Cheska di Generali Arena, Praha, Sabtu (8/6) dini hari WIB.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Italia sebenarnya berada di posisi cukup nyaman untuk lolos ke Brazil tahun depan. Saat ini, mereka bertengger di puncak klasemen sementara Grup B dengan torehan 13 poin, alias unggul tiga poin atas Bulgaria yang menempati peringkat kedua.

Meski demikian, anak didik Cesare Prandelli tidak mau kecolongan di duel nanti. Sebab, tambahan tiga poin akan membuka kesempatan emas untuk secepatnya menyegel tiket otomatis ke Piala Dunia tahun depan.

“Banyak hal yang dibicarakan tentang beberapa hari belakangan [termasuk rumor transfer pemain di musim panas], namun tidak tentang hal krusial pada laga kualifikasi Piala Dunia,” urai stopper Italia, Leonardo Bonucci, dilansir Football Italia, Kamis (6/6).

“Seperti pelatih Cesare Prandelli katakan selama ini, kami memikirkan langkah penting [laga kontra Cheska] dan setelah Jumat malam [Sabtu dini hari WIB] kami baru akan memikirkan Piala Konfederasi,” sambung penggawa Juventus tersebut.

Sebaliknya, Cheska memiliki jalan terjal untuk bisa lolos ke Piala Dunia di Brazil. Petr Cech dkk wajib mengalahkan Italia apabila ingin menggeser posisi Bulgaria dari peringkat kedua klasemen sementara Grup B. Kalaupun mereka finis sebagai runner-up grup, maka Cheska masih perlu menjalani playoff untuk menuju Brazil.

“Kami akan berusaha membangkitkan spirit untuk memukul Italia,” jelas Cech, dilansir Reuters.

“Ini tidak akan mudah namun semuanya tergantung kami. Sebuah kemenangan akan menempatkan kami kembali ke jalur menuju Brazil, namun satu poin akan menjaga kami dalam perburuan. Sedangkan kekalahan akan membuat sangat rumit,” sambung kiper Chelsea itu.

Cheska pun memiliki modal cukup istimewa di pertandingan persahabatan akhir Maret lalu. Tim polesan Michal Bilek tersebut membantai Armenia dengan skor 3-0. Setali tiga uang, Italia akan bertamu ke Praha dengan gagah berani setelah mengandaskan San Marino dengan skor 4-0 di laga persahabatan terakhir mereka, akhir pekan lalu.

Pertarungan ini sekaligus akan menjadi momentum terbaik kiper nomor satu dari kedua tim untuk pamer kekuatan. Kiper Cheska, Petr Cech dan kiper Italia, Gianluigi Buffon, sama-sama memiliki reputasi jempolan dalam urusan menangkal tembakan pemain lawan.

Adapun Andrea Pirlo akan semakin mendekati penampilan ke-100 bersama Timnas Italia apabila diturunkan di laga nanti. Playmaker Juventus berusia 38 tahun itu hanya membutuhkan dua laga lagi untuk menggapai catatan milestone itu bersama Gli Azzurri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya