[x] close
Prediksi Puncak Arus Balik Tanggal 16 dan 20 Mei, Kemenhub Tingkatkan Tes Acak
Solopos.com|news

Prediksi Puncak Arus Balik Tanggal 16 dan 20 Mei, Kemenhub Tingkatkan Tes Acak

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan meningkatkan tes antigen secara acak sebagai salah satu upaya menghadapi puncak arus mudik yang kemungkinan terjadi tanggal 16 dan 20 Mei 2021.

Solopos.com, JAKARTA—Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi akan meningkatkan tes antigen secara acak. Hal ini sebagai salah satu upaya menghadapi puncak arus mudik yang kemungkinan terjadi tanggal 16 dan 20 Mei 2021. Dalam sesi konferensi Antisipasi Mobilitas Masyarakat dan Pencegahan Lonjakan Kasus Covid-19 Pasca Libur Lebaran secara virtual, Sabtu (15/5/2021), Budi Karya memperkirakan puncak arus mudik akan terjadi tanggal 16 dan 20 Mei 2021.

Untuk itu, dia mengimbau kepada masyarakat yang melakukan mudik untuk tidak melakukan perjalanan balik pada kedua tanggal tersebut demi menghindari kepadatan di jalur mudik.  Kementerian Perhubungan juga akan bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan  meningkatkan screening dan  tes acak (random test) di titik-titik yang terlintasi pemudik.

Lokasinya antara lain di dua lokasi utama yakni jalur penghubung utama antara Pulau Sumatra dan Pulau Jawa, tepatnya di Pelabuhan Bakauheni. Tempat pemeriksaan  lain di jalur penghubung utama Pulau Jawa dan Pulau Bali, tepatnya di Pelabuhan Gilimanuk. “Dua tempat ini mandatory, bahkan ada subsidi juga untuk antigen di sini. Saya juga akan ke Gilimanuk untuk pastikan berjalan dengan baik. Di Jateng, Jatim, Jabar, juga kami lakukan tes di beberapa area. Secara intensif kami lakukan upaya-upaya,” imbuhnya.

Dari sisi pengaturan lalu lintas, Budi Karya menyebut Kemenhub telah berkoordinasi dengan Korps Lalu Lintas Polri untuk mengantisipasi lonjakan kendaraan di periode arus balik Lebaran tahun ini.


Berita Terkait
Indeks Berita
Promo & Events
Terpopuler
Berita Terkini
Indeks

Apa yang ingin anda baca?

:
:
Night Mode
Notifications
Support
Privacy
PasswordUpdated 15 days ago