SOLOPOS.COM - Timnas Portugal akan hadapi laga hidup mati kontra Prancis. (Reuters/Alexander Hassenstein)

Solopos.com, BUDAPEST—Prancis sudah memastikan lolos ke babak 16 besar Euro 2020 saat ditantang Portugal yang sedang dalam tekanan di Puskas Arena, Budapest, Hongaria, Kamis (24/6) dini hari WIB. Portugal setidaknya hanya butuh hasil imbang untuk meraih tiket 16 besar dari Grup F.

Prancis kini memimpin dengan 4 poin, diikuti Jerman dan Portugal (3 poin), dan Hungaria yang baru mengoleksi satu poin.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baru Prancis yang memastikan lolos ke babak 16 besar. Sementara Jerman, Portugal, dan Hungaria harus bersaing berebut tiket di matchday terakhir Grup F.

Prediksi Jerman Vs Hungaria: Sabar, Panser!

Ekspedisi Mudik 2024

Laga Portugal vs Prancis menjadi ulangan final Euro edisi sebelumnya. Ya, pada 2016, kedua negara bersua di babak puncak. Bertanding di Stade de France kala itu, Portugal bisa mempermalukan Prancis di depan pendukungnya. Gol Eder di masa perpanjangan waktu, memastikan Portugal juara Piala Eropa 2016.

Dini hari nanti, misi balas dendam jelas diusung Prancis. Situasi sedikit meringankan Kylian Mbappe. Menghadapi Prancis, Portugal jelas dalam tekanan. Sebab, mereka menghadapi lawan yang sudah dipastikan lolos ke babak berikutnya.

Cristiano Ronaldo dkk. dalam misi sulit. Terlebih mereka kalah head-to-head dalam lima pertemuan terakhir, dengan cuma sekali menang, sekali imbang, dan menelan tiga kekalahan.

Prediksi Slovakia Vs Spanyol: Hidup-Mati Matador

 

Di Atas Angin

Kondisi itu membuat Prancis sedikit di atas angin ketimbang Portugal. Prancis, yang juga juara Piala Dunia 2018, bisa bermain lebih rileks, meski pelatih Didier Deschamps tetap menargetkan kemenangan guna menjadi juara Grup F.

Cristiano Ronaldo jelas bakal jadi andalan Portugal saat melawan Prancis. Pemilik 5 Ballon d’Or itu sementara menjadi pencetak gol terbanyak di Euro 2020. Ronaldo sudah bikin tiga gol di fase grup, sama seperti Georginio Wijnaldum (Belanda), Patrick Schick (Cheska), dan Romelu Lukaku (Belgia).

Bahkan, gol Ronaldo lebih banyak dari Prancis secara tim, yang sejauh ini pemainnya baru menyumbang satu gol lewat Antoine Griezmann, dengan satu gol lainnya di fase grup didapat lewat bunuh diri.

Siaran Langsung dan Live Streaming Euro 2020: Spanyol Main Pukul 23.00 WIB, Portugal Vs Prancis 02.00 WIB

Namun, Ronaldo punya tantangan tersendiri saat melawan Prancis. Sebab, ia selalu kesulitan saat melawan Les Bleus.

Sejak membela Portugal, Ronaldo sudah 6 kali bersua Prancis. Tak ada gol bisa diciptakan eks pemain Sporting Lisbon, Manchester United, dan Real Madrid itu.

 

Perkiraan Susunan Pemain:

Portugal: Rui Patrício, Semedo, Dias, Pepe, Guerreiro, Danilo, Renato Sanches, Bruno Fernandes, Felix, Ronaldo, Diogo Jota.

Prancis: Lloris; Pavard, Varane, Kimpembe, Hernandez, Pogba, Kante, Rabiot, Griezmann, Benzema, Mbappe.

 

Head to Head

15/11/2020 Portugal 0-1 Prancis (UNL)
12/10/2020 Prancis 0-0 Portugal (UNL)
11/07/2016 Portugal 1-0 Prancis (Euro)
05/09/2015 Portugal 0-1 Prancis (Persahabatan)
12/10/2014 Prancis 2-1 Portugal (Persahabatan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya