SOLOPOS.COM - Cristiano Ronaldo (kiri) memiliki misi berat bersama Portugal untuk mengalahkan Rusia pada kualifikasi Piala Dunia 2014 Grup F di Stadio do Sport, Lisabin, Sabtu (8/6/2013) dini hari WIB. dokJIBI/SOLOPOS/Reuters

Cristiano Ronaldo (kiri) memiliki misi berat bersama Portugal untuk mengalahkan Rusia pada kualifikasi Piala Dunia 2014 Grup F di Stadio do Sport, Lisabin, Sabtu (8/6/2013) dini hari WIB. dokJIBI/SOLOPOS/Reuters

LISBON—Timnas Portugal bakal mati-matian merusak rekor sempurna Rusia saat kedua tim terlibat bentrok di Stadion do Sport, Lisbon, Sabtu (8/6) dini hari WIB, demi menyelamatkan diri lolos ke Piala Dunia 2014 di Brazil.

Promosi Pembunuhan Satu Keluarga, Kisah Dante dan Indikasi Psikopat

Rusia menjelma menjadi tim super sejak dibesut pelatih bertangan dingin, Fabio Capello. Beruang Merah, julukan Rusia, menyapu bersih empat kemenangan dari empat laga yang mereka lalui di Kualifikasi Piala Dunia 4014,  Grup F Zona Eropa.

Rekor fantastis itu, menempatkan pasukan Fabio Capello bertengger di puncak klasemen sementara Grup F dengan nilai sempurna 12 poin. Sementara, Portugal yang difavoritkan, justru harus berjuang keras di fase seleksi menuju pesta sepak bola terakbar di dunia tahun depan. Cristiano Ronaldo cs terancam tidak mendapatkan tiket otomatis ke Brazil karena sejauh ini mereka hanya menempati peringkat ketiga klasemen Grup F dengan nilai 11 poin, sama dengan Israel yang nangkring di posisi kedua.

Rusia pun sadar Portugal tidak bakal bermain santai di Lisbon. Apalagi, Selecao das Quinas, julukan Portugal, pernah memiliki memori manis menghancurkan Rusia dengan skor telak 7-1 di Kualifikasi Piala Dunia, pada 2004 silam.

“Kami semua siap membuktikan mampu membungkam Portugal,” urai pemain Rusia, Roman Shirokov kepada Sport-Express, dilansir Soccerway, Kamis (6/6).

Hanya, Rusia menunjukkan sebagai tim yang lebih kuat dalam pertemuan terakhir kedua tim. Igor Denisov cs mempermalukan Portugal pada lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2014 di Moskow, Oktober tahun lalu. Rusia menang dengan skor tipis 1-0, berkat gol cepat yang dilesakkan Alexander Kerzhakov pada menit keenam.

“Jumat [Sabtu dini hari WIB] nanti kami harap mendapat tantangan lebih sulit dibanding ketika kami bermain di Moskow, namun semangat kami untuk menang lebih kuat. Kami punya kesempatan besar untuk mengatasi semua persoalan dan kami siap menjadikan kesempatan menjadi realitas,” sambung Shirokov.

Sayang, Portugal tidak bisa menurunkan amunisi terbaiknya. Pasukan Paulo Bento tidak akan diperkuat bek penting Real Madrid, Pepe, yang terkena suspensi. Namun, Bento bisa sedikit bernapas lega karena Nani akan bergabung kembali ke skuatnya. Winger Manchester United tersebut sebelumnya absen dalam dua laga kualifikasi karena dibebat cedera.

Dalam 23 nama yang terdaftar masuk skuat Portugal, Bento hanya memasukkan satu nama baru dalam timnya. Adalah gelandang muda Andre Martins yang akan berharap melakukan debut bersama timnas senior Portugal di pertandingan nanti.

Bento juga bisa berharap pada sosok Joao Moutinho untuk membalaskan kekalahan timnya atas Rusia di pertemuan sebelumnya. Pemain berusia 26 tahun tersebut sedang bersinar. Tapi di sisi lain, kehadiran Moutinho di Lisbon, justru bisa menjadi bumerang bagi Timnas Portugal. Pasalnya, Moutinho sedang menjadi sumber kebencian suporter Porto setelah ia memutuskan hijrah ke AS Monaco musim panas ini.
“Harus ada pelajaran yang bisa dipetik di setiap laga dan kekalahan di Rusia bukanlah pengecualian. Harapan kami sekarang kami bisa melaju dan mendapatkan kemenangan,” urai  Moutinho kepada fifa.com.

Prakiraan Susunan Pemain
Portugal (5-4-1)
Rui Patrício (Gk); Fábio Coentrão, Bruno Alves, Sereno Fonseca, João Pereira; Cristiano Ronaldo, João Moutinho, Miguel Veloso, Nani; Helder Postiga

Rusia (4-5-1)
Igor Akinfeev (Gk); Kombarov, Berezutski, Ignashevich, Anyukov; Kokorin, Faizulin, Denisov, Shirokov, Bystrov; Kerzhakov

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya