SOLOPOS.COM - Singapura vs Indonesia di Piala AFF U-16 2022. (Vidio)

Solopos.com, SLEMANTim Nasional (Timnas) Indonesia U-16 bakal tampil all-out untuk meraih tiga poin saat bertemu Singapura pada laga kedua Piala AFF U-16 2022 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Rabu (3/8) pukul 20.00 WIB.

Kemenangan akan membawa Indonesia membuka peluang melangkah ke babak semifinal sebagai juara Grup A.

Promosi Keturunan atau Lokal, Mereka Pembela Garuda di Dada

Meski demikian, Timnas Indonesia akan melakukan rotasi pemain. Langkah itu diambil untuk menyiasati laga pamungkas penyisihan Grup A melawan Vietnam.

Baca Juga: Jelang Lawan Singapura, Kiper Timnas Indonesia U-16 Ikram Tak Dimainkan

“Kami akan merotasi beberapa pemain karena kami juga mengantisipasi laga berikutnya melawan Vietnam,” ujar Bima seusai memimpin latihan timnya di Stadion Universitas Negeri Yogyakarta, Sleman, Selasa (2/8/2022), dikutip dari Antara.

Namun, siapa pemain yang diturunkan Indonesia lawan Singapura di Grup A Piala AFF U-16 tidak mudah diprediksi. Bima tidak memerinci siapa pemain dan posisi mana yang akan digantinya untuk pertandingan tersebut. Yang pasti, juru taktik berusia 46 tahun itu meminta para pemain yang diturunkan pada pertandingan kontra Singapura menunjukkan permainan maksimal.

Bima menegaskan laga tersebut sangat penting untuk modal skuat berjuluk Garuda Asia menuju semifinal. “Kami harus memaksimalkan laga lawan Singapura baru fokus ke pertandingan melawan Vietnam,” tutur dia.

Baca Juga: Alasan Suporter Diminta Padati Stadion saat Timnas Indonesia U-16 Main

Bima Sakti mengatakan Indonesia akan mengantisipasi serangan balik (counter attack) Singapura yang diprediksi bermain lebih bertahan di Grup A Piala AFF U-16 ini.

“Kami memperkirakan Singapura bermain bertahan. Oleh karena itu, kami mesti mengantisipasi serangan balik mereka,” ujar Bima seusai memimpin latihan timnya di Stadion Universitas Negeri Yogyakarta, Sleman, Selasa (2/8/2022).

Menurut Bima, Singapura memiliki pemain cepat yang berbahaya dalam situasi counter attack. Salah satunya adalah penyerang mereka yang bernomor punggung 9, Muhammad Qaisy bin Noranzor. Qaisy bermain selama 85 menit saat Singapura berlaga kontra Vietnam tetapi dia tidak mencetak gol.

Baca Juga: Demi Hadapi Vietnam, Timnas Indonesia U-16 Rotasi Pemain vs Singapura

“Artinya, kami akan menyerang, tetapi kami mesti memperhitungkan kualitas Singapura, apalagi mereka bisa membuat gol saat melawan Vietnam meski akhirnya kalah dengan skor 1-5. Kami mesti menjaga pemain nomor 9 yang cepat,” tutur Bima.

Bima Sakti menegaskan bisa memprediksi gaya permainan Singapura saat melawan Indonesia di Piala AFF U-16. Mereka mempelajarinya dari rekaman video pertandingan Singapura melawan Vietnam.

Singapura, kata dia, adalah tim yang bagus dan tak boleh dipandang sebelah mata. “Kami tak boleh menganggap remeh mereka,” ujar Bima.

Baca Juga: Sempurna! Indonesia Atasi Filipina 2-0 di Piala AFF U-16 2022

Indonesia saat ini berada di posisi kedua klasemen sementara Grup A dengan 3 poin dari satu laga. Sebelumnya, Indonesia menaklukkan Filipina dengan skor 2-0.

Skuat berjuluk Garuda Asia berada di bawah pemuncak klasemen Vietnam yang memiliki poin sama tetapi unggul selisih gol. Filipina menghuni peringkat ketiga grup, tepat di atas Singapura yang menjadi juru kunci.

Adapun Vietnam akan melawan Filipina pada Rabu (3/8) di Stadion Sultan Agung, Bantul, mulai pukul 15.00 WIB.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya