SOLOPOS.COM - Persib Bandung vs Barito Putera

Solopos.com, JAKARTA – Persib Bandung mengawali Liga 1 2021-2022 malam ini di Stadion Indomilk Sport Center, Tangerang. Barito Putera menjadi lawan perdana Maung Bandung.

Pelatih Persib Bandung, Robert Alberts, ingin anak asuhnya menikmati dan memenangkan laga kontra Barito Putera, Sabtu (4/9/2021) pukul 20.30 WIB.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Kami ingin mendapatkan tiga poin. Para pemain harus berlaga sesuai filosofi dan menikmati pertandingan. Nyaman saat menyerang dan agresif ketika bertahan,” ujar Robert dalam konferensi pers pralaga virtual yang diikuti dari Jakarta diberitakan Antara, Jumat (3/9) malam.

Baca Juga: Prediksi PSIS vs Persela: Mahesa Jenar Diuntungkan Kondisi Joko Tingkir

Ekspedisi Mudik 2024

Juru taktik asal Belanda tersebut menyadari kekuatan timnya sedikit goyah seiring absennya bek sekaligus kapten Supardi Nasir dan penyerang asing dari Belanda Geoffrey Castillion.

Selain itu, Robert juga menyebut ada tujuh pemain lain yang tidak bisa bertanding lantaran belum memenuhi regulasi dua dosis vaksin Covid-19. Meski demikian, pria berusia 66 tahun itu yakin dengan para pemainnya saat ini.

“Ini bukan tentang satu-dua pemain. Kami akan mengambil keputusan yang tepat terkait pemain untuk pertandingan besok,” kata Robert.

Baca Juga: Jadwal Liga 1: Hari Ini PSIS, Persebaya, dan Persib Berlaga

 

Motivasi Djanur

Robert Alberts pun meminta para pemainnya untuk mewaspadai kekuatan Barito Putera. Walau dihuni banyak pemain muda, Barito dinilainya memiliki kualitas untuk merepotkan Persib.

“Barito sudah menunjukkan kemampuan mereka di Piala Menpora 2021. Saat itu mereka tampil hanya dengan pemain lokal. Mereka juga cukup lama menjalani persiapan dan sudah mengikuti beberapa laga uji coba,” tutur Robert.

Bek Victor Igbonefo menegaskan tidak ingin Persib dianggap tim unggulan saat melawan Barito. “Semua tim Liga 1 memiliki kualitas yang merata, apalagi sama-sama lama tidak bertanding. Yang jelas, kami siap menghadapi Barito Putera,” kata Victor.

Baca Juga: Tira Persikabo Imbang Lawan Madura United, Ini Klasemen Sementara Liga 1

Sementara itu, pelatih Barito Putera Djadjang “Djanur” Nurdjaman menganggap catatan bagus secara pribadi maupun tim saat berhadapan kontra Persib akan menjadi motivasi tersendiri. “Mudah-mudahan itu menjadi motivasi sehingga pemain kami tak menganggap Persib itu tim besar,” ujar Djadjang dalam konferensi pers pralaga virtual yang diikuti di Jakarta, Jumat (3/9) malam.

Sebagai pelatih, Djadjang sudah bertanding enam kali melawan Persib yaitu saat dia menangani PSMS, Persebaya, dan Barito Putera. Dari jumlah tersebut, dia berhasil menang empat kali, imbang sekali, dan cuma sekali kalah.

Sementara dari sisi Barito Putera, setidaknya dari 2017, Persib belum dapat menundukkan mereka. Dari enam pertandingan kedua tim sejak Liga 1 2017, Barito Putera menang dua kali, tepatnya pada Juni 2017 dan Agustus 2019, lalu empat partai lain berakhir seri.

Baca Juga: Wow, Indonesia Kirim 6 Wakil di Semifinal Para Badminton Paralimpiade Tokyo 2020

 

Situasi Berbeda

Meski demikian, Djadjang menyadari situasi saat ini berbeda. Persib kini dihuni oleh pemain-pemain baru termasuk empat pemain naturalisasi dan empat pesepak bola asing.

Sosok naturalisasi itu adalah Ezteban Vizcarra, Victor Igbonefo, Ezra Walian, dan Marc Klok. Sementara pemain asing mereka yakni Nick Kuipers, Wander Luiz, Mohamed Rashid dan Geoffrey Castillon.

“Kalau bicara soal materi pemain, Persib luar biasa. Ada empat pemain asing dan empat naturalisasi,” tutur Djadjang.

Baca Juga: Hadapi PSIP Pemalang, Persika Karanganyar Boyong 3 Pemain Senior

Juru taktik yang membawa Persib juara Liga Super Indonesia 2014 itu membandingkan situasi Maung Bandung dengan Barito Putera. Barito pada musim ini banyak menggunakan jasa pemain muda hasil binaan akademi sendiri seperti Muhammad Pajri dan Muhammad Firly. Selain itu ada pula nama-nama belia lain seperti Amiruddin Bagas, Kahar Muzakkar, Muhammad Riyandi, Muhammad Luthfi Kamal dan Alif Jaelani.

Nama-nama senior di skuat Barito Putera dapat dihitung dengan jari contohnya Bayu Pradana dan Rizky Pora. Selain itu, untuk laga kontra Persib, Barito juga tak dapat menurunkan satu dari empat pemain asingnya yaitu Cassio de Jesus.



“Meski demikian, saya puas dengan skuat yang ada. Semua pemain siap tempur kecuali Cassio,” kata Djanur.

Baca Juga: Stadion Manahan Solo Kandidat Venue Liga 2, Lapangan Pendamping Harus Siap

Kapten Barito Putera, Rizky Pora, juga mengamini pelatihnya dan menyatakan semua pemain akan mengeluarkan kemampuan terbaik dalam partai melawan Persib. “Kami sudah melakukan persiapan untuk laga besok,” ujar Rizky.

 

Perkiraan susunan pemain :

Persib Bandung (4-4-2): Deden Natshir; Bayu M Fiqri, Nick Kuipers, Victor Igbonefo, Ardi Idrus; Febri Hariyadi, Mohammed Rashid, Marc Klok, Frets Butuan; Ezra Wallian, Wander Luiz

Pelatih: Robert Alberts (Belanda)

 

Barito Putera (4-3-3): M. Riyandi; Bagas Kaffa, Cassio de Jesus, Azamat Baimatov, Miftah Anwar Sani; Bayu Pradana, Alif Jaelani, Luthfi Kamal; Rizky Pora, Aleksandar Rakic, Rafinha

Pelatih: Djadjang Nurdjaman (Indonesia)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya