SOLOPOS.COM - Pemain Manchester City, Alvaro Negredo, merayakan golnya ke gawang Hull City di lanjutkan Liga Premier 2013/2014 di Stadion Etihad, Manchester, Sabtu (31/8/2013) malam WIB. (JIBI/Reuters)

Solopos.com, MANCHESTER — Derby Manchester episode ke-166 bakal terhampar di Stadion Etihad, Minggu (22/9/2013) pukul 22.00 WIB (disiarkan langsung SCTV). City percaya diri bisa menjungkalkan tetangganya di kandang. Sementara United akan memanfaatkan tenaga Wayne Rooney yang sedang onfire untuk menjinakkan Etihad.

Bos baru ManchesterCity, Manuel Pellegrini, menyebut pertarungan derby Manchester bernilai enam poin alias dua kali lipat lebih banyak dari nilai yang sejatinya bisa mereka dapatkan jika menenangi duel ini. Pertarungan derby terbilang maha penting, karena tidak hanya menyangkut urusan hitung-hitungan angka di papan klasemen, tapi sebagai penentu siapakah tim terbaik di Manchester.

Promosi Tragedi Kartini dan Perjuangan Emansipasi Perempuan di Indonesia

Pertarungan memang belum dimulai, namun hawa panas sudah  terasa di Etihad. Pellegrini memulai perang urat saraf, dengan mengatakan manajer Manchester United, David Moyes, bakal turun dengan tekanan besar, setelah menggantikan manajer legendaris Setan Merah, Sir Alex Ferguson.

“Sangat penting tidak dalam tekanan besar. Davis Moyes akan merasakan beberapa tekanan setelah mengambil alih kursi Sir Alex Ferguson, namun beberapa tekanan terkadang bagus,” beber Pellegrini, dilansir Sky Sports, Sabtu (21/9).

Ini adalah derby Manchester pertama bagi kedua arsitek. Pellegrini yang menggantikan Roberto Mancini pada awal musim ini, mendapatkan suntikan dana 103,2 juta poundsterling atau setara Rp1,8 triliun untuk belanja pemain. Lima amunisi baru berhasil direkrut, yakni Fernandinho, Jesus Navas, Stefan Jovetic, Alvaro Negredo dan Martin Demichelis. Kedatangan Negredo cs menambah kemewahan skuat The Citizens, yang masih diperkuat bintang-bintang lama.

Kabar bagus pun mampir ketelinga Pellegrini. GelandangCity, David Silva, telah bergabung dengan latihan tim, setelah mengalami cedera paha. Pellegrini juga lega karena bek tangguh dan kapten tim, Vincent Kompany, telah pulih 100 persen dari cedera pangkal paha, dan telah memperkokoh tembok pertahanan The Citizens ketika mengandaskan Victoria Plzen 3-0 di Liga Champions, medio pekan ini.

Dalam 10 edisi terakhir derby Manchester di berbagai kompetisi, United sedikit lebih unggul dengan lima kemenangan danCity menggaet empat kemenangan, sedangkan satu laga terakhir berakhir imbang. Musim lalu, mereka bermain sama kuat, di mana United menang di Stadion Etihad, sedangkan Manchester Biru membalasnya di Old Trafford.

Moyes siap mengandalkan Rooney sebagai senjata utama menaklukkan Etihad. Striker berjuluk Wazza tersebut telah kembali ke performa terbaiknya, setelah diterpa isu tak sedap bakal hengkang di awal musim.

Dengan mengenakan pelingdung kepala selepas mengalami cedera di dahinya, Rooney tampil bak pendekar di dua partai terakhir Setan Merah. Wazza menyumbang tiga gol dan satu assist ketika United menekuk Bayer Leverkusen di Liga Champions dan Crystal Palace di Liga Premier.

“Kami membuatnya berkerja sangat keras. Ya, dia [Rooney] melakukannya, saya harus katakan. Dia dalam performa yang bagus. Saya sangat terkesan dengan kondisinya,” tutur Moyes. (Hanifah Kusumastuti/JIBI)

 

Prakiraan Starting XI

ManchesterCity (4-1-3-2)

Hart; Zabaleta, Kompany, Nastasic, Kolarov; Fernandinho; Sila, Toure, Navas; Agüero, Dzeko.

Out: Clichy (paha), Demichelis (lutut).

Diragukan: Richards (hamstring)

 

Manchester United (4-2-3-1)

De Gea; Smalling, Ferdinand, Vidic, Evra; Carrick, Fellaini; Valencia, Rooney, Nani; Van Persie.

Out: Welbeck (lutut), Jones (engkel), Rafael (hamstring), Fletcher (sakit).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya