SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, MANCHESTER — Manajer Manchester City, Manuel Pellegrini dan manajer Bayern Munich, Josep “Pep” Guardiola, sudah saling mengenal sejak mereka masih sama-sama membesut klub di Spanyol. Tapi Pellegrini lebih sering apes ketika bertemu dengan skuat polesan Guardiola. Apakah itu pertanda buruk bagiCity ketika menjamu Bayern di Stadion Etihad, Kamis (3/10/2013) pukul 01.30 WIB?

he Citizens, julukanCity, bakal mendapat tantangan super berat di laga kedua Grup D, Liga Champions 2013/2014. Tak tanggung-tanggung, musuh Edin Dzeko dkk adalah jawara Eropa musim lalu, Die Roten, julukan Bayern.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pertarungan yang mempertemukan klub Liga Premier dengan Bundesliga di Etihad nanti, menculkan fakta menarik, yakni reuni Pellegrini dengan Guardiola. Bersama Villareal, Real Madrid dan Malaga, Pellegrini sudah delapan kali bertemu dengan Barca, yang saat itu masih dinakhodai Guardiola. Semuanya terjadi di panggung La Liga.

Hasilnya, Guardiola jauh lebih superior ketimbang pelatih asal Chile tersebut. Guardiola memenangi tujuh pertemuan dan sekali berakhir imbang, tepatnya ketika Villareal besutan Pellegrini ditahan imbang 3-3 di Nou Camp pada La Liga 2008/2009.

Maka tak salah, apabila pertarungan di Etihad nanti bakal jadi pertaruhan Pellegrini untuk mematahkan kutukan setiap bertemu dengan klub binaan Guardiola. Hasil memuaskan di Etihad sekaligus bisa menjadi ajang pembuktikan Pellegrini, City tidak salah memilihnya sebagai pelatih baru di awal musim ini.

Sudah menjadi rahasia umum, Pellegrini hanyalah pilihan kedua bagi klub kaya raya yang dimiliki penguasa asal Uni Emirates Arab, Mansour bin Yazed Al Nahyan tersebut. Awalnya, The Citizens ngebet menjadikan Guardiola untuk mengarsiteki Eden Hazard dkk. Tapi, betapa kecewanya City setelah mereka mengetahui mantan entrenador Barca tersebut memutuskan untuk menukangi Bayern.

Meski demikian, Pellegrini tidak mau berkecil hati. Kekalahan memalukan 2-3 di markas Aston Villa di Liga Premier, akhir pekan lalu, juga dianggap Pellegrini bukan sesuatu yang bisa meruntuhkan spirit Alvaro Negredo cs ketika mentas di panggung Eropa, medio pekan ini.

“Selalu saja bisa lebih baik bermain di Liga Champions ketika sebelumnya Anda memenangi laga di Liga Premier, namun tim akan bermain dengan yakin dan percaya diri, jadi saya harap kami bisa menjalani laga dengan baik Rabu [Kamis dini hari WIB] nanti,” tutur Pellegrini, dilansir Reuters, Selasa (1/10/2013).

Sementara Guardiola memikul tanggung jawab besar untuk meneruskan sukses manajer Die Roten sebelumnya, Jupp Heynckes. Meski pelatih berkepala plontos tersebut pernah meraup kesuksesan bersama Barca, tapi sihirnya dalam meramu FC Hollywood, julukan lain Bayern, masih sering dipertanyakan. Tapi Pellegrini tetap yakin Guardiola bisa menemukan ritme yang tepat untuk klub barunya.

“Di saat ini, sangat sulit untuk berimprovisasi bersama Bayern karena mereka memenangi tiga kompetisi [di musim lalu bersama Heynckes], tapi dia [Guardiola] akan menemukan sebuah cara, karena dia manajer yang sangat bagus,” tuturnya.

Setali tiga uang, Guardiola menganggap kedatangan Pellegrini di awal musim bakal memperkuatCity di musim ini. Di bawah kendali Pellegrini, permainan Sergio Aguero dkk dianggap mumpuni ketimbang dua musim sebelumnya. Di mana City selalu gagal lolos dari fase grup di Liga Champions.

“Saya pikir, mereka lebih kuat, pelatih baru, ada perubahan dalam taktik. Mereka bermain lebih baik saat ini. Tidak seperti dua tahun lalu. Mereka lebih menjadi sebuah tim,” tandas Guardiola.

Rekor Pertemuan Pellegrini Melawan Josep Guardiola

2008/09

Villarreal           1-2       Barcelona

Barcelona         3-3       Villarreal

 

2009/10

Barcelona         1-0       Real Madrid

Real Madrid     0-2       Barcelona

 

 

2010/11

Barcelona         4-1       Malaga



Malaga             1-3       Barcelona

 

2011/12

Malaga             1-4       Barcelona

Barcelona         4-1       Malaga

 

Ket: Pellegrini membesut Villareal, Real Madrid dan Malaga. Guardiola bersama Barcelona. Semua pertemuan terjadi di ajang La Liga Spanyol.

Sumber: uefa.com. (hkt/JIBI)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya